11 April 2023, 16:46 WIB

Sarat Gizi, Salad Buah Sangat Cocok untuk Berbuka Puasa


Media Indonesia | Humaniora

Ist
 Ist
Perusahaan Ajinomoto meluncurkan produk Mayumi® Saus Salad Buah di Jakarta, Selasa (11/4).

BERTEPATAN dengan momen Ramadan, PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) mengundang beberapa rekan media untuk menghadiri workshop yang bertajuk “Ngabuburit bersama Mayumi®, Sajian Sehat dan Menyegarkan Selama Berpuasa”.

Dalam acara ini Ajinomoto sekaligus memperkenalkan produk baru yaitu Mayumi® Saus Salad Buah yang merupakan saus dressing pertama di Indonesia yang diperuntukan khusus untuk salad buah.

Workshop kali ini menghadirkan Dosen Gizi dari Universitas Esa Unggul, Nazhif Gifari, S.Gz, M.Si, yang menyampaikan pentingnya pola hidup sehat dan asupan gizi yang seimbang supaya tetap fit di bulan Ramadan.

Baca juga: Terasa Lemas dan Sering Mengantuk Saat Berpuasa, Ini Cara Mengatasinya

Walaupun dalam kondisi berpuasa, menurut Nazhif, cara paling mudah untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit adalah dengan pola makan yang baik, makan makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang, rutin berolahraga, serta turunkan tingkat stres.

Makanan Berizi Lengkap dan Lezat

“Makanan bergizi lengkap tentunya harus lezat agar nafsu makan kita bertambah. Nah, salah satu yang bisa membuat nafsu makan kita bertambah saat berbuka puasa maupun santap sahur adalah menu makanan yang menyegarkan seperti buahbuahan,” ungkap Nazhif.

“Buah memiliki kandungan zat gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral yang cukup banyak, pemenuhan zat gizi ini sangat dibutuhkan tubuh terlebih dalam kondisi berpuasa," katanya.

"Kemudian, kandungan antioksidan dalam buah juga berperan dalam imunitas tubuh, menurunkan risiko penyakit PTM, serta kandungan air untuk metabolisme tubuh khususnya selama menjalani puasa saat ini,' jelas Nazhif.

Baca juga: Pastikan Asupan Cairan dan Nutrisi Terpenuhi Saat Anak Berpuasa

Sependapat dengan Nazhif, menurut Eurli Prameswari, Head of Sauce & Seasoning Dept - PT Ajinomoto Indonesia, menu salad buah sangat cocok dihidangkan untuk berbuka puasa, karena nutrisi penting dalam buah sangat dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa.

"Mayumi® Saus Salad Buah dapat menjadi alternatif dalam membuat menu salad buah yang lebih praktis dan rasanya sudah pasti lezat dan nikmat," kata Eurli.

Tingkat Konsumsi Buah dan Sayuran Orang Indonesia Masih Kurang 

Selain itu, berdasarkan data Riskesdas Kementerian Kesehatan RI (2018), sebanyak 95.5% orang Indonesia masuk dalam kategori sedikit dalam konsumsi buah & sayur.

Berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI melalui program Isi Piringku, setiap kali makan harus mengandung nutrisi yang seimbang meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan Pasien Diabetes Saat Berpuasa Agar tidak Terjadi Komplikasi

PT. Ajinomoto Indonesia terus berinovasi dalam mengembangkan produk yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat,

PT Ajinomoto Indonesia berupaya untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan di keluarga Indonesia melalui peluncuran produk baru Mayumi® Saus Salad Buah, yang merupakan pionir di pasar retail untuk kategori saus spesifik untuk buah-buahan.

"Mayumi® Saus Salad Buah memiliki rasa manis creamy yang nikmat ditambah dengan rasa lemon yang menyegarkan. Sangat praktis, langsung tuang ke buah-buahan dan Ibu di rumah dapat segera menyajikan salad buah yang lezat," jelas Eurli. (RO/S-4)

BERITA TERKAIT