25 March 2023, 22:27 WIB

ICMI Pusat Menginisiasi Pembentukan ICMI Eropa Raya


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. ICMI
 Dok. ICMI
ICMI Pusat Menginisiasi Pembentukan ICMI Eropa Raya

IKATAN Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengembangkan kualitas organisasi dengan menginisiasi pembentukan ICMI Eropa Raya. Ketua Umum ICMI Arif Satria dalam sambutannya pada acara diskusi secara daring menyampaikan pentingnya mengkonsolidasikan SDM berkualitas seluruh cendekiawan dan diaspora Indonesia di Eropa untuk bisa mengkontribusikan pemikiran dan idenya dalam rangka berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

“ICMI tidak berpolitik, tujuan ICMI adalah mengabdikan pemikiran para cendekiawan berkualitas dalam upaya berkontribusi untuk masyarakat dan bangsa Indonesia. Pembentukan ICMI Eropa Raya ini selaras dengan harapan ICMI Pusat untuk membesarkan ICMI tidak hanya di lingkup nasional tapi juga lingkup internasional sekaligus memperkenalkan Islam yang rahmatan lil alamin kepada seluruh masyarakat dunia,” papar Arif dalam keterangan tertulis.

Wakil Ketua Umum Priyo Budi Santoso menyambut baik inisiasi pembentukan ICMI Eropa Raya.

Baca juga: Cendikiawan Muslim: Khilafah Bertentangan dengan Maqashid Syariah

“Kami senang sekali dengan semangat rekan-rekan di Eropa untuk membesarkan ICMI dan berharap agar ICMI menjadi pusat diskusi dan peradaban islam yang intelek di Eropa. Harapan kedepannya ICMI Eropa Raya bisa menjaring tidak saja mahasiswa tapi juga diaspora muslim yang ingin berkontribusi terhadap ICMI dan juga kedepan bisa membentuk ICMI di tiap-tiap negara di Eropa,” ujar Priyo.

Pertemuan secara daring tersebut, memutuskan persetujuan dari Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum ICMI Pusat pembentukan ICMI Eropa Raya yang di kemudian hari diharapkan dapat mendorong terbentuknya ICMI di masing-masing negara. Selain itu, pertemuan tersebut secara aklamasi mengangkat Hendro Wicaksono sebagai Ketua Umum ICMI Eropa Raya.

Baca juga: ICMI akan Jadi Pelopor Transformasi Bangsa dengan Nilai Universal Islam

“Tujuan utama ICMI Eropa Raya diharapkan dapat memperkenalkan identitas cendekiawan muslim Indonesia di eropa, sekaligus memperkenalkan Indonesia sebagai negara yang damai, memiliki banyak cendekiawan aktif dan kontributif,” ujar Hendro dalam sambutannya.

“ICMI Eropa Raya harus dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan organisasi internasional dan organisasi islam Indonesia yang sudah ada di Eropa seperti PCINU, PCIM, KAHMI Eropa dan juga dengan pemerintah dalam hal ini KBRI dan KJRI dalam upaya menunjukkan eksistensi serta kontribusi nyata. Dengan berkumpulnya para peneliti dan cendekiawan hebat di Eropa, ICMI Eropa Raya bisa merespon isu-isu sensitif tentang islam di Eropa secara intelek dan bisa kontribusi pemikiran untuk mendukung tercapainya kemajuan Indonesia pada 2030 dan 2045 mendatang,” tutup Hendro. (RO/Z-7)

BERITA TERKAIT