24 March 2023, 15:56 WIB

Siswa Madrasah Raih Emas IYRC 2023 Berkat Gim Robot Penolong


Dinda Shabrina | Humaniora

Dok. Kemenag
 Dok. Kemenag
Kirana Insani.

PRESTASI membanggakan datang  dari siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang. Siswa itu bernama Kirana Insani. Ia yang meraih prestasi nasional di bidang robotic dan meraih medali Emas Indonesia Youth Robot Competition (IYRC) 2023.

Ajang yang berlangsung pada 19 Maret 2023 di Semarang ini diselenggarakan IYRC. Kompetisi diikuti para siswa sekolah dan madrasah dari berbagai daerah di Indonesia. Para pemenangnya diumumkan pada 21 Maret 2023.

Mulanya Kirana mengikuti lomba bidang animasi. Ia membuat game yang bernama Playing and Helping with Lola dengan tema Robot Helping People.

Baca juga: Gandeng Benihbaik, Bigo Live Gelar Kampanye Dukung Yayasan Kanker Indonesia

Baca juga: Presiden Dicap Anti-Islam, Menag: Presiden Sangat Concern Terhadap Islam

“Alhamdulillah dapat medali emas. Padahal, project game ini digarap dengan kurun waktu tiga hari empat malam,” terangnya di Semarang, Selasa (21/3)

“Sebelumnya, saya juga meraih juara 3 pada kompetisi robotik yang digelar UIN Walisongo. Saat itu saya ikut di bidang creative robotic,” sambungnya.

Pada IYRC 2023, ia membuat game animasi bertemakan robot helping people. Ia mengaku ingin menyampaikan pesan bahwa di era teknologi yang serba canggih, manusia bisa memanfaatkan robot untuk membantu mereka dalam banyak hal.

“Saya coba buat robot bernama 'Lula' yang akan membantu teman-temannya yang sedang membutuhkan pertolongan,” paparnya.

Skema kerja game robot ini, pemain game diberi permasalahan untuk dipecahkan. Ada lima level game. Tiga level pertama berbentuk kuis. Dalam level ini, pemain game akan membantu Lula memberikan pengobatan kepada teman-temannya. Untuk level 4 dan 5, pemain game akan membantu Lula menemukan peralatan medis yang dibutuhkannya.

“Saya berharap game ini dapat menjadi sarana edukasi kepada khalayak bahwa kita bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan dapat meringankan pekerjaan manusia, serta untuk selalu tolong menolong kepada sesame,” tandasnya. (H-2)

BERITA TERKAIT