12 March 2023, 11:15 WIB

Acer dan Seasoldier Tanam Ratusan Bibit Mangrove dan Bersihkan Pantai


Meilani Teniwut | Humaniora

MI/Meilani Teniwut
 MI/Meilani Teniwut
Kegiatan bersih-bersih pantai yang diadakan oleh Acer dan Seasoldier.

GERAKAN #sayangbumi merupakan kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove yang merupakan inisitaif Acer Indonesia bersama  Seasolider di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang pada Sabtu (11/03).

Gerakan #sayangbumi ini diikuti oleh 185 partisipan yang terdiri dari sukarelawan, pelajar, dan komunitas. Kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan sampah seberat 403,38 lilogram. 

Namun, sebelum sampah ditimbang, peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut diminta memilah sampah organik dan anorganik. 

Baca juga: Basarnas Bali Tanam 500 Mangrove Di Tanjung Benoa

Berdasarkan hasil pungutan sampah tersebut, Histi, salah satu  volunteer yang terlibat dalam kegiatan #sayangbumi, mengatakan jenis sampah yang banyak dikumpulkan adalah sampah anorganik berupa kaleng, botol, plastik dll. 

Histi berharap agar masyarakat  tidak membuang sampah sembarangan di pantai dan di mana saja.

"Seru banget! Kita semua sangat antusias membersihkan pantai sekitar sini dan sampah yang paling banyak di sini sampah anorganik. Sampah yang sudah terkumpul sekitar 400-an kilogram. Aku berharap semoga pantai ini bisa lebih bersih dan tidak ada yang membuang sampah  di sekitar sini dan tempat lain dengan sembarang," ucap Histi, siswi SMP N 1.

Baca juga: Mangrove Simpan Potensi Karbon Biru untuk Mengurangi Emisi

Selain melakukan bersih-bersih pantai, Acer dan Seasoldier, sebagai organisasi nirlaba peduli lingkungan yang diinisiasi oleh Nadine Chandrawinata, juga melakukan penanaman 200 bibit mangrove. 

Mangrove merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat dalam menjaga kelestarian lingkungan. Beberapa di antaranya seperti mengurangi emisi karbon dan menyaring logam berat, sehingga kualitas air menjadi lebih bersih maupun membuat kualitas udara di sekitarnya menjadi lebih baik.

Head of Marketing Acer Indonesia Fransisca Maya mengatakan, "Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan salah satu bentuk gerakan #SayangBumi yang diinisiasi Acer Indonesia bersama Seasoldier. Rangkaian kegiatan yang telah kami lakukan merupakan komitmen sekaligus dukungan nyata dari Acer untuk pelestarian lingkungan. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat menginspirasi dan memberikan manfaat positif bagi kondisi lingkungan sekitar.”

Berdasarkan data dari Global Carbon Project, emisi karbon tercatat sebesar 15,9 giga ton karbon dioksida (GtCO2) pada 1959. Jumlahnya terus mengalami kenaikan hingga mencapai 40,5 GtCO2 pada 2022, sehingga penanaman mangrove ini menjadi salah satu upaya dalam mengurangi emisi karbon.

Sebelumnya, Kolaborasi Acer #Sayangbumi ini sudah dimulai sejak Desember 2022 di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang, dan berhasil mengumpulkan lebih dari 300 kilogram sampah dengan dukungan 65 sukarelawan. 

Kegiatan bersih-bersih pantai ini juga berlanjut ke Pantai Telaga Waja, Bali pada bulan Januari 2023 dan berhasil mengumpulkan sekitar 1,8 ton sampah organik dan anorganik. Sementara sampah yang terkumpul dari bersih-bersih pantai di Pantai Kerang, Surabaya pada Februari 2023 mencapai 360 kilogram sampah. Lalu kegiatan kolaborasi Acer dan Seasoldier kembali diadakan di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang.

Sementara itu COO Founder Seasoldier Dinni Septianingrum mengatakan, “Selama kolaborasi bersama Acer Indonesia, telah banyak kegiatan bermanfaat yang telah kita lakukan. Acer tidak hanya menghadirkan lini teknologi yang lebih ramah lingkungan, namun juga memiliki misi global yang diikuti aksi nyata, seperti yang Acer lakukan bersama Seasoldier. Semoga kedepannya, baik Seasoldier, Acer bersama ratusan partisipan gerakan #SayangBumi dapat terus menebarkan dampak positif bagi kelestarian lingkungan.”

Inisiatif #SayangBumi merupakan bentuk kepedulian nyata dari Acer terhadap pelestarian lingkungan. Selain menjalin kolaborasi dengan Seasoldier, Acer juga menghadirkan lini perangkat ramah lingkungan Aspire Vero. (Z-1)

BERITA TERKAIT