23 February 2023, 21:13 WIB

Senyum Korban Gempa Cianjur Ikuti Trauma Healing Mak Ganjar


mediaindonesia.com | Humaniora

dok.ist
 dok.ist
Korban gempa di Kampung Salakawung, Desa Sarampad, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur, Jabar ikuti trauma healing relawan Mak Ganjar, Kamis (23/2)

SENYUM merekah terpancar dari wajah  para ibu korban gempa saat mengikuti kegiatan trauma healing yang diadakan oleh relawan Mak Ganjar di Kampung Salakawung, Desa Sarampad, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur, Prov. Jawa Barat

Hujan yang menyelimuti wilayah itu tidak menyulutkan antusiasme Mak-mak untuk mendengarkan dan mempraktekkan apa yang menjadi arahan dari tim trauma healing tersebut. Canda dan tawa bahagia juga turut mewarnai kegiatan sosial tersebut.

"Hari ini kami mengadakan kegiatan trauma healing untuk warga di sini. Kami adakan games, mengundang trauma healing agar masyarakat ceria," kata Koordinator Wilayah Mak Ganjar Prov. Jawa Barat, Nurapsi usai kegiatan, Kamis (23/2/2023).

Nurapsi menyatakan kegiatan ini diperlukan masyarakat setelah musibah gempa ini melanda sejumlah wilayah Cianjur. Nurapsi mengemukakan masyarakat menyambut baik dan antusias kegiatan positif tersebut.

"Apresiasi sangat luar biasa, mereka juga suka rela untuk datang ke sini. Datangnya kami alhamdulillah, trauma itu mereda, " tuturnya.

Nurapsi berharap masyarakat Cianjur, khususnya Mak-mak tetap bersemangat, bangkit, sehat selalu, dan tidak lupa untuk menjaga pola hidup sehat.

Salah satu peserta, Neneng mengaku senang dapat mengikuti kegiatan trauma healing. Neneng menyampaikan terima kasih atas semua dukungan yang diberikan Mak Ganjar kepada warga Cianjur.

"Ada trauma healing, game, seru lah. Ini bermanfaat sekali, warga senang," ucap Neneng di lokasi.

Tim trauma healing profesional yang didatangkan Mak Ganjar, dipimpin oleh Jejeh Faoziyah, memberikan pengarahan tentang pentingnya berpikir positif agar aktivitas Mak-mak dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Tim trauma healing memakai metode quantum touch dalam memberikan motivasi kepada peserta. Metode quantum touch diimplementasikan dengan memberikan arahan, sembari meminta peserta untuk melatih pernafasan dan menggerakan anggota tubuh, seperti tangan hingga wajah.

Metode itu dilakukan bisa dilakukan kapan saja, secara pribadi di rumah masing-masing, meskipun tanpa tim trauma healing.

Mak Ganjar siap membantu warga Cianjur dengan semaksimal mungkin, termasuk menerima konsultasi trauma healing apabila masih ada masyarakat Cianjur yang membutuhkan hal tersebut.

Mak Ganjar juga turut memberikan penyuluhan tentang pentingnya gizi makanan, meskipun dalam keadaan terkena musibah gempa. (OL-13)

BERITA TERKAIT