29 January 2023, 12:50 WIB

BRI Resmi Luncurkan Program BFJ 2023


Akhmad Mustain | Humaniora

Dok. BRI
 Dok. BRI
Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Aestika Oryza Gunarto (tengah) berpose dengan para jurnalis.

BANK Rakyat Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong peningkatan kualistas jurnalisme dengan memberikan beasiswa bagi para jurnalis. Setelah sukses dengan tiga gelombang awal, BRI resmi meluncurkan Program BRI Fellowship Journalism 2023 Bacth 4 (BFJ IV).

Peresmian itu langsung dilakukan oleh Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Aestika Oryza Gunarto, di sela acara BRI Journalist Bootcampt 2023, Jumat malam (27/1).

Aestika menyatakan bahwa program tersebut sebagai bentuk komitmen BRI untuk terus mensupport terwujudnya jurnalisme yang berkualitas, juga sebagai langkah perusahaan dalam mengukuhkan nilai sosial perusahaan.

"BRI tidak hanya mementingkan 'economic value' (nilai ekonomi), tetapi juga 'social value' (nilai sosial). Tidak hanya membantu UMKM dan pelaku bisnis, kita peduli dengan pendidikan anak bangsa," katanya di Bogor, Jawa Barat.

Bersama dengan sejumlah perwakilan jurnalis peraih dari pogram beasiswa gelomban 1, 2 dan 3, Aestika secara simbolis memulai program BFFJ IV dengan menuangkan pasir dalam sebuah plakat bertuliskan "BRI Fellowship Journalism batch 4".

Sejak 2013 BRI memberikan beasiswa S2 kepada para jurnalis dari seluruh Indonesia. Penerima beasiswa dari CSR BRI peduli dimulai dari batch satu yang dibuka pada 2013, batch dua (2017) dan batch tiga (2022).

Baca juga: Fasilitasi Jurnalis Mengajar, BRI Berkomitmen terus Wujudkan Social Value

BRI mengajak Jurnalis Indonesia menjadi agen perubahan demi memperkaya pemberitaan pers yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Department Head Corporate Communication BRI, Roma Jaka Permata Simanjuntak, berharap ajang pertemuan ini bisa digelar rutin, minimal enam bulan sekali. Dengan begitu, para penerima beasiswa di setiap batch-nya bisa saling bertukar informasi yang bermanfaat.

"Penerima beasiswa berasal dari Papua, Kalimantan, Sumatra, Jawa, Jabodetabek dan wilayah lain di Indonesia. Saya harap pertemuan ini bisa menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh penerima beasiswa program master S2," kata Roma di Gedung BRI, Jumat (27/1)

Selain peresmian BFJ 2023, BRI juga menajak 51 jurnalis penerima beasiswa BRI Fellowship Journalism dari batch 1, 2, dan 3 mengajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Badriyah, Sukaraja, Kabupaten Bogor, kemarin.

Kegiatan mengajar itu rangkaian dari program BRI Journalist Bootcamp 2023 berlangsung pada 27-28 Januari 2023, diikuti penerima beasiswa dari BRI Peduli tersebut.(Ant/OL-4)

BERITA TERKAIT