07 December 2022, 09:01 WIB

DPR: Transisi Analog Switch-Off (ASO) Butuh Peran Semua Pihak


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
nggota Komisi I DPR RI Helmy Faishal Zaini saat pertemuan dengan Kemenkominfo, perwakilan pemda, dan stakeholder terkait.

ANGGOTA Komisi I DPR RI Helmy Faishal Zaini menyatakan program Analog Switch-Off (ASO) adalah hak dari setiap masyarakat untuk mendapatkan informasi dengan kualitas tampilan yang baik.

Namun demikian, ia menyadari bahwa transisi tersebut tidak serta-merta dapat sekejap terlaksana. Karena itu, ia menilai transisi ASO tersebut membutuhkan peran semua pihak.

"Berakhirnya era tv analog ke digital ini membutuhkan peralatan yang tentu tidak murah bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat tidak mampu," ujarnya di sela pertemuan dengan Kementerian Komunikasi dan informatika (Kominfo), perwakilan Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait di Tangerang, Banten, Senin (5/12).

Menurutnya, keterbukaan keran informasi haruslah bisa dirasakan seluruh elemen masyarakat. Karenanya, Helmi menekankan pentingnya peranan pemerintah untuk benar-benar hadir di era transisi ini.

Tak hanya itu, pihaknya juga meningatkan bahwa era informasi digital juga harus dibarengi dengan kehati-hatian mengingat tidak semua penerima informasi, khususnya melalui saluran televisi, tidak mendapatkan literasi mengenai kebijaksanaan dalam bermedia.

Baca juga: Hari Ini Migrasi Siaran Analog ke Digital Tahap II Diberlakukan di 4 Provinsi

Dari hal itu, ia melihat ada banyak faktor yang perlu menjadi perhatian pemerintah dalam transisi analog ke digital.

"Maka ini harus ada upaya-upaya pembinaan dan edukasi kepada masyarakat. Mulai dari sosialisasi, koordinasi antar Pemerintah Daerah, pendistribusiannya serta pembinaan," ujarnya.

Helmy berharap, progam ASO ini dapat berjalan tepat sasaran, selalu menuju target untuk mencapai kesempurnaan layanan serta perbaikan-perbaikan yang signifikan ke depan. Sehingga, masyarakat dapat betul-betul merasakan layanan informasi yang prima dan berkualitas. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT