06 December 2022, 18:05 WIB

Doa Minum Air Zamzam dan Tata Caranya


Meilani Teniwut | Humaniora

MI/Dika Kardi.
 MI/Dika Kardi.
Seorang Jemaah di Masjid Nabawi mengucurkan segelas air zamzam usai salat zuhur di masjid yang dibangun Rasulullah Muhammad SAW tersebut.

AIR zamzam di Mekkah merupakan air yang memiliki kadar mineral dan oksigen tertinggi di dunia. Air zamzam tidak ada bandingannya jika dibandingkan dengan air meneral lain yang banyak dijual di pasaran pada umumnya.

Karena itu, sebagai karunia dari Allah SWT, manfaat dan khasiat air zamzam sangat banyak di antaranya bisa menyembuhkan segala penyakit. Agar lebih yakin lagi, saat meminum air zamzam ada tata cara dan doanya.

Manfaat minum air zamzam

a. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Air zamzam secara ilmiah bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Ini karena air zamzam meningkatkan stimulasi aquaporin (AQP).

AQP adalah lapisan air yang membentang di permukaan membran dan berperan penting untuk mengatur cairan dalam sel. Sebagai informasi, pada manusia terdapat sekitar 10 jenis AQP dan semua bisa distimulasi oleh air zamzam.

b. Mencegah kanker.

Sifat antiinflamasi yang dimiliki air zamzam dinilai bisa membantu mengatasi dan mencegah kanker. Selain itu, air zamzam terbukti bisa meningkatkan jumlah komponen yang dapat mencegah kanker di tubuh yaitu bikunin, lunasin, dan bowman brikinhibitor.

c. Lebih sehat.

Air zamzam lebih sehat dari air biasa karena lebih kaya mineral. Hal itu juga yang menyebabkan air zamzam memiliki rasa yang berbeda.

d. Menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Air zamzam dapat mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang. Khasiat ini berasal dari kandungan kalsium yang tinggi pada air zamzam.

Selain itu, kandungan fluoride pada air zamzam dapat mencegah gigi berlubang. Fluoride ialah mineral yang berguna untuk menjaga keutuhan permukaan gigi. Ini karena kalsium yang terdapat pada air zamzam sangat berlimpah. Air tersebut secara positif dapat memengaruhi tubuh manusia, terutama tulang dan gigi.

e. Regenerasi kulit.

Untuk kesehatan kulit, air zamzam bisa membantu pergantian sel-sel kulit mati yang diubah dengan sel kulit baru. Perubahan sel kulit mati ini membuat kulit lebih cerah.

f. Dapat menghilangkan kemunafikan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, air zamzam juga memiliki keutamaan menghilangkan penyakit hati, yaitu munafik. Rasullah bersabda, "Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan." (HR Ibnu Abbas)

g. Mengampuni dosa-dosa.

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali, salat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zamzam, niscaya akan diampuni semua dosanya." (HR Al-Wahidi)

h. Sebagian dari ibadah.

Rasulullah SAW bersabda, "Melihat air zamzam adalah ibadah. Ia (air zamzam) dapat menghapus berbagai dosa dan kesalahan. Salah satu keutamaannya ialah barangsiapa yang memercikannya ke kepala tiga kali, dia tidak akan terkena penyakit." (HR al Fakihi)

i. Membedakan dengan orang munafik.

Rasulullah SAW bersabda, "Yang membedakan kita dengan orang munafik ialah bahwa mereka tidak meminum dan merasakan air zam-zam sampai puas." (HR Ibnu Majah)

j. Mewujudkan yang diniatkan.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan yang diniatkan." (HR Ibnu Majah)

Doa minum air zamzam

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أْسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

Allahumma innii as'aluka ilman naafian wa rizqan waasi'an wa syifaa'an min kulli daa'in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin.

Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.

Tata cara minum air zamzam

a. Membaca basmalah dan doa.

Sebelum meminum air zamzam diharuskan membaca basmalah terlebih dahulu sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Setelah membaca basmalah, membaca doa sebelum minum air zamzam.

b. Dianjurkan jangan sekali teguk.

Para ulama menganjurkan, sebaiknya minum air zamzam dengan tanaffus atau bernafas. Artinya, jangan dengan sekali teguk ketika meminum air suci ini.

c. Banyak membaca doa.

Ketika minum air zamzam, sebaiknya Anda juga memanjatkan doa, sebab air zamzam punya khasiat yang besar. Dalam hadis Nabi disebutkan, air zamzam bisa jadi wasilah atau perantara doa. "Air zamzam akan memberikan yang menjadi tujuan peminumnya." (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

d. Minum dengan duduk.

Rasulullah SAW memerintahkan kepada umatnya untuk makan dan minum dengan duduk sebagaimana sabdanya, "Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barangsiapa yang lupa ketika minum hendak berdiri maka hendaklah ia berusaha memuntahkannya." (OL-14)

BERITA TERKAIT