06 December 2022, 12:15 WIB

Arti Gong Xi Fa Cai dan Asal Usulnya


Mesakh Ananta Dachi | Humaniora

ANTARA/Budi Candra Setya
 ANTARA/Budi Candra Setya
Kelompok seni Naga Liong menghibur pengunjung pada Festival Imlek di Klenteng Hoo Tong Bio, Banyuwangi, Jawa Timur.

UNGKAPAN Gong Xi Fa Cai sering kita temukan di tengah perayaan tahun baru Imlek. Meskipun dapat dirayakan oleh setiap orang, acara ini pada umumnya dirayakan oleh kelompok etnik Tionghoa. 

Namun, karena sering diucapkan pada saat hari tahun baru, banyak yang menganggap ungkapan ini sebagai ucapan hari tahun baru. Namun, berikut adalah makna sesungguhnya dari Gong Xi Fa Cai.

Tulisan dan arti Gong Xi Fa Cai

Gong Xi Fa Cai (恭喜发财) adalah ungkapan yang paling umum dalam acara tahun baru Imlek. Namun, Gong Xi Fa Cai sebenarnya bukanlah ungkapan dari selamat tahun baru. 

Baca juga: Mooncake Premium Sehat dan Rendah Gula ala Xiang Fu Ha di Vasa Hotel Surabaya

Gong Xi Fa Cai memiliki makna selamat mendapatkan kekayaan dan keberkahan. Kendati tidak berhubungan dengan tahun baru Imlek, ungkapan ini memiliki makna untuk menunjukkan doa demi keberkahan atau kekayaan untuk tahun yang akan datang.

Untuk mengucapkan selamat tahun baru Imlek, anda dapat menyebutkan Xin Nian Kuai Le (新年快樂) yang artinya selamat tahun baru.

Asal usul ungkapan Gong Xi Fa Cai

Melansir dari berbagai sumber, ungkapan Gong Xi Fa Cai awalnya berasal dari legenda yang menceritakan tentang penduduk Tionghoa yang berhasil mengatasi binatang buas yang disebut sebagai “nian”.

Namun, ungkapan ini juga disebutkan kepada masyarakat Tionghoa yang berhasil melewati sebuah rintangan, misalnya pada masyarakat yang berhasil melewati musim dingin, bencana kelaparan dan kematian. 

Maka, karena berhasil melewati rintangan tersebut, masyarakat Tionghoa mengungkapkan kepada satu dengan yang lain ungkapan Gong Xi Fa Cai. (OL-1)

BERITA TERKAIT