03 December 2022, 09:24 WIB

Universitas Pancasila Kembangkan Wisata Agro-Heritage di Kampung Wisata, Bogor


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Tim Universitas Pancasila (UP) melakukan penguatan produk wisata berbasis masyarakat di Lembur Sawah.

SIAPA sangka di salah sudut Kota Bogor masih lestari kearifan lokal khas Pasundan? Tepatnya di Kampung Wisata Lembur Sawah, Kelurahan Mulyaharja Bogor Selatan, warga masih kental menerapkan nilai budaya Pasundan dalam keseharian mereka.

Didukung oleh kontur alam yang subur dan asri, serta latar Gunung Salak yang anggun, Kampung Lembur Sawah berhasil memikat perhatian wisatawan untuk datang berkunjung. Universitas Pancasila kemudian hadir untuk aktif mendampingi warga dalam pengembangan pariwisatanya.   

Mengangkat branding Lembur Sawah sebagai 'Bumi Alit Pasundan' nan permai, tim Universitas Pancasila (UP) melakukan penguatan produk wisata berbasis masyarakat di Lembur Sawah dengan mengembangkan jalur wisata bertemakan agro-heritage.

Tim UP juga melakukan peningkatan kualitas produk kuliner dan strategi komunikasi digital sebagai bagian dari ekosistem pendukung wisata.

Jalur wisata agro-heritage dilengkapi dengan narasi nilai dan kearifan lokal Pasundan untuk menghadirkan pengalaman wisata yang lebih optimal dan edukatif. Hasil pengembangan tersebut diperkenalkan ke publik dalam kegiatan farm trip yang diselenggarakan di Lembur Sawah pada 30 November 2022 lalu.

Puluhan warga, komunitas pariwisata dan pelaku budaya Bogor yang hadir nampak sangat antusias mengikuti kegiatan famtrip tersebut.

Mereka penuh semangat menyusuri jalur wisata agro-heritage yang melintasi area perkebunan, persawahan, rumah adat Sunda dan situs heritage yang terdapat di Kampung Lembur Sawah.

Baca juga: Gelar Travel Fair, Kepulauan Seribu Siap Dijadikan 'Maldives Indonesia'

“Jalur wisatanya variatif dan menyenangkan, cocok untuk healing tipis-tipis bersama keluarga atau teman kantor,” ungkap Indah Narasati, salah satu peserta yang hadir.

Devi Kausar, ketua tim UP menjelaskan, “Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Matching Fund Kedaireka dari Kemendikbud Ristek, di mana melalui program tersebut kami mengaplikasikan langsung ilmu dan pengetahuan kami di masyarakat."

"Program ini juga wujud kerja sama dan sinergi kampus dengan mitra dunia usaha dunia industri. Untuk itu lah kami menggandeng Indecon - Yayasan Ekowisata Indonesia sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan ini.” ejlas Devi.

Tim UP yang mengembangkan wisata dan mendampingi boleh dikata memang memiliki keahlian yang mendukung, terdiri dari para dosen dan mahasiswa gabungan dari tiga fakultas : pariwisata, ekonomi, dan  bisnis, serta Ilmu Komunikasi terjun ke Lembur Sawah selama 3 bulan sejak Agustus 2022.

Riri, warga dan pelaku wisata setempat menambahkan, “Sebelum ini, kami mengembangkan wisata Lembur Sawah secara otodidak. Jadi ketika Universitas Pancasila datang mendampingi, kami menyambut gembira dan banyak terbantu.”

 Kehadiran jalur wisata agro-heritage di Kampung Wisata Lembur Sawah Bogor diharapkan dapat memperkaya pilihan wisata yang edukatif akan kearifan lokal Pasundan bagi masyarakat, sekaligus meningkatkan kualitas SDM warga pelaku wisata dan memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan warga Lembur Sawah. 

Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila adalah penyelenggara program studi S1 Pariwisata yang pertama di wilayah Jabodetabek.

Dibuka sejak 2009, Fakultas Pariwisata UP telah terakreditasi A dari BAN PT, dan memiliki jalinan kerjasama internasional dengan berbagai universitas di Inggris, Spanyol, Australia, Jepang, dan ASEAN.

Dalam kegiatan akademisnya, Fakultas Pariwisata UP memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan dan berbasis masyarakat, termasuk pemanfaatan teknologi dalam pariwisata. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT