02 December 2022, 00:35 WIB

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengajian Bulanan Membentuk Kepribadian Muslimah


Winni Oktavia, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya | Humaniora

Dok pribadi
 Dok pribadi
Peserta pengajian bulanan

PENGAJIAN bulanan kini menjadi salah satu lembaga pendidikan di tengah masyarakat yang memiliki dampak terhadap gaya hidup, sikap, dan lingkungan sosial. Di situ membina dan mengembangkan ajaran Islam dalam rangka membentuk masyarakat yang beriman, berakhlak, dan bertakwa kepada Allah subhannahu wa ta'ala.

Pengajian ini merupakan wadah untuk mengembalikan eksistensi kemanusiaan agar terhindar dari masalah dan degradasi moral, serta penyakit masyarakat yang dirasa kian hari kian menunjukkan peningkatan. Pengajian bulanan Hijab Alila Palembang memberdayakan masyarakat muslim, khususnya anggotanya dengan menanamkan nilai-nilai keislaman. 

Internalisasi nilai-nilai keislaman tersebut sangat penting sebagai benteng diri dalam menjauhkan bentuk pelanggaran, baik pelanggaran terhadap norma masyarakat maupun norma agama. Pengajian bulanan Hijab Alila Palembang hadir dengan kompleksitas persoalan yang dihadapi masyarakat, seperti pencurian, narkoba, seks bebas dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, bermula dari kesadaran masyarakat untuk membendung persoalan tersebut memicu terbentuknya pengajinan bulanan ini. Tentunya dengan pemahaman dapat meningkatkan nilai-nilai agama secara mutlak dilakukan. Majelis taklim tidak bertujuan pada pelaksanaan ritual-ritual tertentu saja, misalnya yasinan, tahlilan dan lain sebagainya, namun sudah mengarah pada usaha pemahaman dan penghayatan pada nilai-nilai agama. 

Implikasi atau penerapan dari kegiatan pengajian bulanan ini terhadap perubahan akhlak muslimah yaitu dari akhlak yang kurang baik menjadi akhlak yang baik. Bermula dari kegiatan pengajian bulanan berupa ceramah dengan materi ketauhidan, fikih, dan akhlak hingga dampak dari kegiatan itu sendiri terhadap perubahan akhlak para muslimah di pengajian tersebut. (RO/O-2)

BERITA TERKAIT