01 December 2022, 10:21 WIB

Tips Pemimpin Masa Kini Versi Ganjar Kepada Ratusan Anak Muda


Haryanto | Humaniora

dok.ist
 dok.ist
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam talkshow bertema 'Leading With Style' yang digelar PermataBank, Rabu (30/11/2022)

DALAM talkshow bertema 'Leading With Style' yang digelar PermataBank, dengan menghadirkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak sebagai narasumber, dibahas sejumlah gaya kepemimpinan dan juga keresahan-keresahan yang dirasakan generasi milenial dalam menghadapi perubahan zaman.

"Saya melihat kerisauan anak muda, masa depannya seperti apa dan mereka berharap ada leader dari daerah yang menginspirasi bisa memberikan solusi. Mereka ingin mendapatkan satu ruang yang paling merepresentasikan perhatian. Kedua, mereka butuh akses. Ketiga gaya komunikasi mereka tidak suka yang formal," kata Ganjar usai acara, Rabu (30/11/2022).

Ganjar menjelaskan, dewasa ini para pejabat pemerintahan maupun pemimpin harus sensitif terhadap apa yang diinginkan masyarakat, termasuk kalangan generasi milenial yang telah melek teknologi sejak dini.

Dalam sesi pertanyaan yang diajukan salah satu penanya anak muda kepada Ganjar, disebutkan bahwa generasi milenial hari ini hidup dalam zaman serba instan, namun mereka juga dituntut untuk menyesuaikan cara kepemimpinan yang terlalu formal dan terkesan konvensional.

Ganjar yang selama ini dikenal sebagai pemimpin berjiwa muda dan mampu menjangkau kalangan milenial itu pun menjawab dengan tegas, bahwa pemimpin harus mampu menyerap aspirasi anak muda dengan baik agar lahir enterpreneur muda, salah satunya melalui kebijakan berdasarkan apa yang disuarakan generasi milenial.

"Itu adalah tren-tren hari ini yang  pemerintah seperti saya punya kepekaan terhadap itu. Bahwa dunia ini sudah berubah, maka cara membuat program, cara memfasilitasi pun harus menyesuaikan pada mereka. Mereka butuh didekati dari ide-idenya dan pemerintah membuat kebijakan publik berdasarkan apa yang disuarakan mereka," jelas Ganjar.

Upaya yang telah dilakukan Ganjar dalam menyerap aspirasi generasi milenial telah dibuktikan dengan adanya belasan Hetero Space yang digagas Ganjar di Jawa Tengah. Hetero Space adalah ruang atau wadah bagi anak muda yang ingin berkarya, berinovasi dan menunjujukkan talenta lainnya untuk ditunjukkan ke publik.

Ganjar mengharapkan, semakin banyak aspirasi yang terserap serta fasilitas yang disediakan pemerintah untuk anak muda, maka lahirnya generasi Indonesia Emas 2045 dapat terwujud dengan mudah.

"Mereka hanya butuh ruang dan kesempatan kok, kalau mereka kita fasilitasi maka mereka akan berlari kencang. Maka 2045 akan muncul anak muda dengan enterpreneur yang spiritnya hebat, kemauan tinggi dan selalu inovatif karena zamannya kan juga berubah," ucap Ganjar. (OL-13)

BERITA TERKAIT