29 November 2022, 08:52 WIB

Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Gelar Pembekalan Kepala Sekolah ke Singapura


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Dikdasmen PP Muhammadiyah menggelar pembekalan bagi kepala-kepala sekolah Muhammadiyah di Jakarta, Minggu (27/11).

MAJELIS  Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah menggelar pembekalan bagi kepala-kepala sekolah Muhammadiyah yang akan menempuh pelatihan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) secara langsung di Nanyang Polytechnic International selama satu pekan setelah sebelumnya dilakukan secara daring.
 
“Bapak-Ibu harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Kita sangat memerlukan STEM ini agar bisa dikembangkan di sekolah-sekolah Muhammadiyah,” ujar Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Sungkowo di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Minggu (27/11) 

Program ini merupakan kerja sama antara Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dan Temasek Foundation.
 
Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Didik Suhardi mengatakan bahwa para peserta perlu mempelajari bukan hanya STEM tapi juga ekosistem pendidikan di Singapura sehingga dapat diterapkan di sekolah-sekolah Muhammadiyah di Indonesia.

Baca juga: Gempa Cianjur: Muhammadiyah Kerahkan Tim Medis dari Bandung dan Jakarta

Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Alpha Amirrachman mengatakan hal tersebut sangat mungkin dilakukan karena kepala-kepala sekolah berbasis masyarakat seperti Muhammadiyah lazimnya memiliki kesempatan lebih luas dari kepala sekolah negeri untuk melakukan inovasi.
 
Adapun kepala-kepala sekolah yang menjadi peserta berasal dari 17 sekolah yaitu: SMA Muhammadiyah 10 Surabaya, SMA Muhammadiyah Taman Sidaorjo, SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk, SMK Muhammadiyah 2 Banyuwangi, SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul, SMK Muhammadiyah 2 Kota Yogyakarya, SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman.

Selain itu, kepala sekolah dari MTs Muhammadiyah Bantul, SMP Muhammadiyah Dahlan Metro Lampung, SMK Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, SMA Muhammadiyah Toboali Bangka Selatan, SMK Muhammadiyah Ambon, SMK Muhammadiyah 9 Medan, SMA Muhammadiyah 1 Denpasar, SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin.
 
Empat peserta  berikutnya terdiri dari dua berasal dari Majelis Dikdasmen PPM dan dua lainnya berasal dari masing-masing Majelis Dikdasemen PWM DIY dan Bangka Belitung. (RO/OL-09).

BERITA TERKAIT