14 November 2022, 13:25 WIB

SASA Crazy Kind Angkat Sosok Mahariah, Penyelamat Lingkungan di Pulau Pramuka


Mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. SASA
 Dok. SASA
Mahariah, sosok Crazy Kind SASA

AKSI peduli yang dilakukan Mahariah dengan menggerakkan program pelestarian lingkungan hidup, sukses menyelamatkan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, dari ancaman sampah dan krisis lingkungan. 

Keinginannya mengembangkan model ‘Desa Konservasi’ dan mewujudkan lingkungan hijau di Pulau Pramuka, akhirnya mampu menggerakkan warga dalam peningkatan ekonomi dan standar hidup di lingkungan Pulau Pramuka. Karenanya, Ibu Mahariah dianugerahi Kalpataru tingkat provinsi pada 2016, dan Kalpataru tingkat Nasional pada 2017. 

Kesuksesan berlanjut sehingga pada 2018, Pulau Pramuka mendapat anugerah Kampung Iklim dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada saat itu.

Berkat kontribusi tokoh perempuan yang merupakan seorang ibu dan guru agama kelahiran 30 Desember 1969 itu, terhadap kebaikan lingkungan, Sasa memberikan predikat Crazy Kind kepada Mahariah untuk melakukan misi kebaikan lainnya. 

Mahariah menceritakan, dalam menjalankan program lingkungannya, tak sedikit tantangan yang harus ia hadapi. Menurutnya, tantangan sebaiknya diselesaikan dengan baik, berjalan terus, dan tidak berhenti.  

"Yang terpenting adalah sehat terlebih dahulu, memperhatikan asupan makanan yang baik dan sehat. Cukup serat, cukup protein cukup vitamin supaya bisa menunjang kegiatan sehari-hari. Dengan sehat, kita akan bisa terus bergerak demi kebaikan," ujarnya.

Mahariah menegaskan, dalam menjalankan program lingkungannya di Pulau Pramuka, Ia berpegang teguh pada hari nuraninya. 

"Tanya dulu nih hati kita. Kalau menurut hati kita bahwa itu bikin kita nyaman dan bahagia, maka itu adalah kebaikan dan lakukan itu! Kebaikan ada di mana saja, ada di siapa saja, dalam bentuk apa saja. Sebab diri kita sesungguhnya secara fitrah sudah baik, Lalu, kenapa tidak dari sekarang merubah Indonesia menjadi lebih baik lagi ? Mari kita menanam kebaikan dan memulainya dari hal kecil, kapan saja dan dimana saja," tegasnya. 

Baca juga : Menkes Ajak Sektor Swasta Berpartisipasi dalam Dana Pandemi

PT. SASA INTI (SASA) kini tengah gencar memperjuangkan pola baru atau tren berbagi kebaikan dalam gerakan SASA Crazy Kind. Sebuah gerakan berbagi inspirasi bagi orang-orang yang berani berbuat kebaikan dan menyebarkannya kepada siapa saja dan dimana saja, tanpa perlu embel-embel menjadi kaya, memiliki uang banyak atau harta berlimpah. 

Berbagi kebaikan ala SASA bisa dilakukan dalam situasi dan bentuk apapun, serta pastinya bisa mendorong perubahan yang lebih berdampak besar dan positif guna terciptanya perbaikan life quality index di Indonesia seperti yang menjadi tujuan utama dari SASA.

"SASA Crazy Kind bisa dengan jeli menangkap inspirasi baik yang telah sukses dicapai oleh Mahariah. Meski SASA sebagai produsen makanan (sembako) yang sehat dan bernutrisi, berfokus utama dalam penyediaan dan usaha peningkatan gizi makanan bagi masyarakat Indonesia, namun nilai perjuangan dan keberhasilan Mahariah dalam penyelamatan lingkungan patut diapresiasi sehingga ini menjadi alasan terpilihnya Mahariah dalam tokoh Crazy Kind Inspirational Figure pilihan SASA," tulis SASA dalam keterangannya. 

Untuk bisa memilih Ibu Mahariah sebagai Crazy Kind Inspirational Figure caranya sangat mudah. Hanya harus mengunjungi website sasacrazykind.com, pilih figur inspirasimu dengan memberikan ‘vote’ pada salah satu misi SASA Crazy Kind pilihan yang telah dipaparkan. 

Ada 4 misi mulia ala SASA Crazy kind, diantaranya:menyediakan makanan sehat untuk melawan gizi buruk, membantu anak-anak tetap sekolah, membantu meningkatkan kesejahteraan guru, dan menyediakan kualitas pangan yang layak untuk lingkungan kumuh.

Voter juga harus menuliskan namamu dan menyertakan informasi domisili sebelum menentukan misi dan tokoh pilihan. Dalam periode satu bulan ke depan, SASA akan membuka kesempatan bagi siapapun untuk mendukung misi mulia para tokoh dan akan merealisasikan salah satu misi dengan hasil dukungan terbanyak.

"Jangan khawatir, kamu bisa memilih lebih dari satu misi dan tokoh figur yang menurutmu paling penting atau mulia untuk direalisasikan. Satu Vote Sangat Berarti untuk Setiap Misi Kebaikan yang Dibawa Para Crazy Kind Versi SASA. Dengan Kamu Memberikan Vote (logo SASA), SASA Akan Berkomitmen Membantu Crazy Kind Merealisasikan Misi yang Mereka Bawa, " pungkaa Sasa. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT