26 October 2022, 11:19 WIB

Kemenkes Kolaborasi dengan Dua Penyedia Layanan Kesehatan asal Singapura


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

ANTARA
 ANTARA
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.  

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membahas peluang kerja sama bidang kesehatan antara pemerintah Indonesia dengan dua penyedia layanan kesehatan yakni Raffles Medical Group (RMG) dan Health Management International (HMI).

"Pertemuan ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk membangun fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih baik, yang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat, sehingga tidak perlu lagi berobat ke luar negeri, karena kualitas kita sudah sama dengan mereka," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya, Rabu (26/10).

Menkes bertemu RMG Executive Chairman Dr. Loo Choon Yong dan HMI Executive Chairman Dr. Gan See Khem pada Senin (24/10), Budi menerangkan bahwa Pemerintah Indonesia tengah melakukan transformasi kesehatan yang fokus pada 6 pilar, salah satunya adalah transformasi layanan rujukan yang fokus pada penyediaan layanan kesehatan yang bermutu, berkualitas dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk mewujudkan target tersebut, ia mengajak RMG dan HMI untuk bersinergi dan berkolaborasi membantu pemerintah Indonesia meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan di Tanah Air utamanya layanan kesehatan rujukan mulai dari primer, sekunder hingga tersier.

Potensi kerja sama ini mencakup beberapa hal diantaranya kerja sama pembukaan RMG di Indonesia, kolaborasi paket remunerasi untuk tenaga kesehatan serta proses rujukan yang digunakan RMG dan HMI dari dokter keluarga maupun klinik perawatan primer ke rumah sakit sekunder dan tersier.

"Dalam pertemuan ini, ada sejumlah aspek yang kami tawarkan. Kami harapkan penawaran ini bisa ditinjaklanjuti secara positif kedepannya," ujar Budi.

Sebagaimana diketahui, Raffles Medical Group merupakan penyedia layanan kesehatan terdepan dan berkualitas yang telah memiliki pengalaman yang baik selama kurang lebih 40 tahun di Singapura dan Asia Tenggara.

Sementara Health Management International (HMI) Group merupakan penyedia layanan kesehatan terbesar di Singapura dengan jangkauan operasinal yang luas mencakup pusat perawatan khusus, rumah sakit dan sekolah pelatihan di Singapura dan Malaysia.

HMI Group memiliki layanan StarMed Spesialis Center yang telah dibuka sejak tahun 2018. Layanan ini fokus pada diagnostik, spesialis, perawatan primer, endoskopi dan operasi invasif. Adapun layanan spesialis yang ditawarkan mencakup kardiologi, ortopedi dan kedokteran keluarga.

Dengan pengalaman dan track record yang baik dari keduanya, Menkes berharap kolaborasi tersebut dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan kapasitas, kualitas dan mutu pelayanan kesehatan, SDM kesehatan serta infrastruktur kesehatan baik di rumah sakit vertikal maupun swasta, sehingga persoalan mengenai pelayanan kesehatan yang belum memadai di seluruh pelosok Tanah Air perlahan bisa diselesaikan.

“Kerja sama ini, menjadi kesempatan untuk saling berbagi praktik baik informasi dan pengalaman pelayanan kesehatan antara Indonesia dengan RMG dan HMI, yang pada akhirnya bisa kita adopasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih efisien dan efektif," pungkasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT