24 October 2022, 18:12 WIB

Pemerintah Buru Fomepizole dari Banyak Negara


Andhika Prasetyo | Humaniora

ANTARA FOTO/Indrianto Eko S
 ANTARA FOTO/Indrianto Eko S
Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin

KEMENTERIAN Kesehatan tengah berupaya mendatangkan fomepizole dari banyak negara di dunia. Sejauh ini, pemerintah sudah mengantongi 20 vial obat tersebut dari Singapura.

"Kita juga menunggu dari Australia. Mungkin akan masuk 16 lagi, entah malam ini atau besok pagi. Kita sedang proses beli juga dari Amerika Serikat dan Jepang," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10).

Fomepizole dipastikan mampu memberi dampak positif bagi para pasien yang mengidap gagal ginjal akut. Budi mengungkapkan obat itu sudah diberikan kepada 10 pasien. Tujuh di antara mereka pun mengalami perbaikan kondisi kesehatan.

"Yang awalnya pasien itu ginjalnya terganggu, tidak bisa kencing, begitu dikasih obat sudah mulai keluar sedikit demi sedikit. Ada yang mulai banyak. Yang tadinya tidak sadar, mulai sadar kembali," tutur mantan Dirut Bank Mandiri itu.

Baca juga:  Fomepizole, Penawar Racun Ginjal Akut yang Diimpor dari Singapura

Ia juga memastikan proses pengobatan pasien ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

"Obatnya kita biayai. Kita yang berikan itu ke seluruh rumah sakit yang ada pasien yang bergejala ginjal akut," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT