04 October 2022, 21:45 WIB

Wakil Sumut dan Kalsel Dinobatkan Putera Puteri Maritim Indonesia 2022


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Chandra Hakiki dan Danela Stephani sebagai Juara Pertama Putera dan Puteri Maritim Indonesia tahun 2022. 

YAYASAN Putera Puteri Maritim Indonesia didukung TNI AL menobatkan Chandra Hakiki asal Sumatera Utara dengan nilai 130 dan Danela Stephani dengan nilai 130 asal Kalimantan Selatan sebagai Juara Pertama Putera dan Puteri Maritim Indonesia tahun 2022. 

Penobatan Putera Puteri Maritim Indonesia 2022 berlangsung pada Sabtu (1/10), 1 Oktober 2022 di Graha Marinir, Jakarta Pusat.

Kepala Staf Angkatan laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono secara langsung menyematkan selempang bagi ke dua pemenang.

Tahun ini adalah gelaran Pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia ke-4 setelah sempat vakum selama 3 tahun akibat pandemi.

Sebanyak 68 finalis dari 34 provinsi diberikan Pendidikan dan pelatihan selama 10 hari di Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta. 

Baca juga: Sri Sultan: Indonesia Harus Bisa Wujudkan Negara Berbasis Maritim

Selain dua pemenang Putera Puteri Maritim Indonesia 2022, dewan juri juga menobatkan 8 Finalis Putera Puteri Maritim Indonesia dengan beberapa kategori di antaranya:
 
Sementara itu, peraih posisi runner-up yakni Ferdian Aprianto asal Bengkulu dan Vianda Nurvidia asal Kalimantan Barat 

Pemenang  kategori Inovasi dan Teknologi :  Made Ori Sukerta asal Bali dan Ghina Oktaviat asal Sumatera Barat. Kategori Pariwisata : Akmal Jaya asal Sulawesi Selatan dan Shelly Apriyani asal Sumatera Selatan. Sedangkan kategori Lingkungan: Muhajir Arif asal Riau dan
Febriana Sukmawati asal Kalimantan Timur.

"Nantinya para Putera Puteri Maritim Indonesia akan menjadi duta maritim di daerahnya masing-masing," ucap Laksamana Muda TNI (Purn) Dr. Surya Wiranto, SH.MH selaku Ketua Pelaksana Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2022 dalam keterangan pers, Selasa (4/10), 

"Mereka diharapkan bisa membantu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam terutama yang ada dilaut, membantu mengembangkan pariwisata daerah dan mampu berkontribusi bagi pembangunan daerah khususnya melalui industri wisata bahari," papar Surya Wiranto. (RO/OL-09)

                  
 

BERITA TERKAIT