03 October 2022, 18:13 WIB

Menkes Diminta Presiden Bahas Akhir Pandemi dengan WHO


Andhika Prasetyo | Humaniora

ANTARA
 ANTARA
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku telah diperintahkan Presiden Joko Widodo untuk berkonsultasi dengan World Health Organization (WHO) terkait perkembangan kasus covid-19 di Indonesia.

Ia mengatakan pemerintah sedianya telah menyiapkan sejumlah kebijakan yang pada intinya bertujuan untuk mengendurkan protokol kesehatan. Namun, untuk bisa mengimplementasikan itu, Indonesia harus memperoleh persetujuan WHO.

Baca juga: Prevalensi Narkoba di Lingkungan Perguruan Tinggi Capai 3,2%

"Pak Presiden meminta saya untuk berkonsultasi dengan WHO. Kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari prokes, khusus mengenai pandemi karena ini sifatnya dunia, nanti WHO yang akan memberikan timingnya," ujar Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/10).

Salah satu aturan itu, lanjut dia, adalah penggunaan masker. Keputusan untuk mencabut kewajiban memakai masker harus menunggu arahan dari Kepala Negara yang didasarkan pada data dan fakta di lapangan, terutama dari WHO.

"Lepas masker itu nanti tergantung Bapak Presiden," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberi isyarat terkait berakhirnya masa pandemi covid-19. Hal tersebut ia sampaikan saat meluncurkan Kemitraan Inklusif UMKM Naik Kelas di Smesco, Jakarta, Senin (3/10).

"Pandemi memang mulai mereda. Mungkin sebentar lagi kita akan nyatakan pandemi sudah berakhir," ujar Jokowi.

Dalam beberapa pekan terakhir, kasus covid-19 di Tanah Air memang sudah mereda. Pemerintah mencatat, per 2 Oktober, pasien aktif hanya 17.434 jiwa. Sejak akhir Agustus, rata-rata tambahan kasus harian tidak lebih dari 2.000 orang.

Bed Occupancy Ratio (BOR) juga tercatat 4,8%. (OL-6)

BERITA TERKAIT