30 September 2022, 23:10 WIB

Himpsi Gelar Kongres ke-XIV dan Temu Ilmiah Di Sumatera Utara


Widhoroso | Humaniora

DOK Himpsi
 DOK Himpsi
Pembukaan Kongres ke XIV Himpsi dan Temu Ilmiah Nasional di Parapat, Sumut, Jumat (30/9).

HIMPUNAN Psikologi Indonesia (Himpsi) menggelar Kongres ke XIV dan Temu Ilmiah Nasional di Parapat, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (30/9). Kongres dan temu ilmiah ini akan berlangsung hingga 2 Oktober mendatang.

"Acara ini dihadiri 429 anggota psikologi dari berbagai pengurus wilayah, asosiasi dan Ikatan Psikologi seluruh Indonesia," jelas Ketua Panitia Pelaksana Kongres yang juga menjabat Ketua Himpsi Sumut, Ilmiah.

Menurut Ilmiah, sebelum pelaksanaan kongres, telah digelar berbagai kegiatan pra-kongres sejak Mei lalu. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain 24 webinar yang diikuti 1.146 peserta dan beberapa workshop online yang diikuti ratusan peserta.

"Kegiatan Pra-Kongres diakhiri dengan Sosialisasi Peran dan Gambaran Profesi Psikologi di masa depan berupa Pojok Psikologi untuk kalangan siswa SMA dan mahasiswa psikologi seluruh Indonesia. Juga dilakukan bakti sosial berupa kunjungan ke panti jompo  dan pelatihan konseling gratis online dan offline," jelasnya.

Ketua Panja RUU Profesi Psikologi DPR-RI Hetifah Sjaifudian dalam sambutannya saat acara pembukaan mengupas masalah peningkatan pendidikan dan layanan psikologi untuk semua kalangan. Sedangkan pengusul RUU Profesi Psikologi DPR-RI, Desy Ratnasari berbicara tentang Implemenntasi Asas-asas Pendidikan dan Layanan Psikologi sebagai Amanat Undang-Undang.

Ketua Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) Zahritur Rusyda Hinduan mengatakan dengan lahirnya UU Pendidikan dan Layanan Psikologi No 23 Tahun 2022, maka diperlukan penguatan kerja sama antara perguruan tinggi dan organisasi profesi himpunan psikologi. (RO/OL-15)

 

BERITA TERKAIT