29 September 2022, 14:01 WIB

Catat! Ini Rekomendasi Obat Flu yang Aman untuk Ibu Menyusui


Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora

Ilustrasi
 Ilustrasi
ibu menyusui

IBU menyusui tidak boleh sembarangan mengonsumsi sesuatu, terlebih jika sedang sakit. Beberapa obat akan berpengaruh pada bayi jika dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Apalagi, saat ini, banyak sekali orang yang mengidap penyakit flu lantaran cuaca yang sedang tak menentu. Penyakit ini pun dengan mudah menular. Lalu, bagaimana jika ibu menyusui tertular, apakah aman jika segera mengonsumsi obat yang mudah didapat di apotek? Berikut beberapa obat yang aman untuk dikonsumsi ibu menyusui

1. Paracetamol

Ibu menyusui dapat mengonsumsi paracetamol saat merasakan gejala flu. Pasokan ASI tidak terpengaruh oleh paracetamol. Obat ini bekerja dengan mengurangi produksi zat penyebab peradangan yaitu prostaglandin. Saat kadar prostaglandin menurun, demam dan nyeri akan mereda. Ibu menyusui perlu mengingat agar tidak meminum obat flu lain yang mengandung paracetamol, agar dosis yang diminum tidak berlebihan.

2. Dekongestan

Saat hidung tersumbat, pseudoephedrine atau phenylephedrine yang dikandung dalam dekongestan dapat membantu melegakan hidung. Obat dekongestan dalam bentuk tetes lebih direkomendasi karena tidak akan berpengaruh pada pasokan ASI dan aman untuk bayi.

3. Ibuprofen

Ibuprofen berperan untuk meredakan pilek yang disebabkan oleh infeksi pada sinus. Selain itu, obat ini juga dapat meredakan sakit kepala dan demam. Ibu menyusui dapat mengonsumsi obat ini karena tidak ada efek samping untuk bayi. Jika ibu menyusui memiliki riwayat penyakit maag, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

4. Antihistamin

Jika ibu menyusui mengalami reaksi alergi pada tubuh, obat flu yang mengandung antihistamin dapat membantu meredakan alergi tersebut. Obat alergi ini mungkin dapat membuat ibu menyusui mengantuk dan berpengaruh terhadap produksi ASI. Namun, terdapat obat antihistamin yang tidak memiliki efek samping tersebut. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter agar tidak salah dalam meminum obat.

5. Dextromethorphan

Obat dengan kandungan dextromethorphan dapat membantu meredakan batuk akibat tenggorokan gatal. Obat ini aman untuk ibu menyusui, namun tidak dianjurkan jika memiliki riwayat asma, bronkitis, dan diabetes. Obat ini akan memperburuk penyakit-penyakit tersebut.

Baca juga: 90 Persen Ibu Menyusui Membutuhkan Dukungan Suami

Obat Flu untuk Pemakaian Luar

1. Obat gosok atau balsem

Pilihlah obat gosok yang mengandung bahan aktif seperti minyak eucalyptus, menthol dan camphor yang dapat membantu melegakan pernapasan akibat hidung tersumbat, pegal-pegal dan sakit kepala. 

2. Inhaler

Untuk mengatasi hidung tersumbat, ibu menyusui dapat menggunakan inhaler. Inhaler dapat melegakan napas dan memberikan sensasi sejuk dengan cara dihirup dalam-dalam melalui tiap lubang hidung.

Itulah beberapa obat yang aman untuk dikonsumsi ibu menyusui. Semoga cepat membaik untuk para ibu menyusui yang mengalami gejala flu.(OL-5)

BERITA TERKAIT