22 September 2022, 21:03 WIB

BMKG: Besok, Sebagian Besar Wilayah Indonesia akan Diguyur Hujan


Atalya Puspa | Humaniora

Antara
 Antara
Pengendara motor menerobos banjir di jalan wilayah Jakarta.

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan diguyur hujan pada Jumat (23/9) besok. 

Untuk wilayah Sumatra, diprediksi akan terjadi cuaca berkabut di Bandar Lampung. Kemudian, cuaca berawan hingga berawan tebal akan terjadi di Banda Aceh dan Padang.

"Kemudian untuk seluruh wilayah Sumatra esok hari akan turun hujan dengan intensitas ringan hingga intensitas lebat. Untuk Bengkulu, diprakirakan hujan yang disertai dengan petir," jelas Prakirawan BMKG Cici Sucianingsih, Kamis (22/9).

Baca juga: Karakteristik Musim Hujan 2022 di Atas Normal, BMKG: Masyarakat Waspada

Adapun, di wilayah Jawa, cuaca cerah akan terjadi di Surabaya. Kemudian, hujan dengan intensitas ringan terpantau akan terjadi wilayah Jakarta dan Serang. 

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang terpantau Semarang dan Yogyakarta. Sementara, untuk Bandung perlu diwaspadai, karena esok hari akan turun hujan yang disertai dengan petir.

Wilayah Kalimantan pada esok hari hampir sebagian besar wilayahnya akan diguyur hujan. Hujan dengan intensitas ringan terpantau akan terjadi di Palangkaraya, Tanjung Kelor dan Samarinda. Sementara, hujan dengan intensitas sedang akan terjadi di Banjarmasin dan Pontianak.

"Selanjutnya, Bali dan Nusa Tenggara esok hari cuaca berawan akan terjadi untuk wilayah Kupang. Kemudian, hujan dengan intensitas ringan terpantau terjadi di Denpasar. Sementara, hujan dengan intensitas sedang akan terjadi di Mataram," imbuhnya.

Untuk wilayah Sulawesi, pada esok hari cuaca cerah berawan akan terjadi di wilayah Manado. Hujan dengan intensitas ringan terpantau akan terjadi di wilayah Kendari dan Gorontalo, Mamuju, Palu dan Makassar.

Baca juga: Kemenkes Siapkan Pelayanan Kesehatan Darurat Jelang KTT G20

"Selanjutnya, untuk wilayah timur indonesia cuaca berawan esok akan terjadi di wilayah Jayapura. Untuk wilayah Manokwari, Ambon dan Ternate esok diperkirakan turun hujan dengan intensitas ringan," papar Cici.

Sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan, karena adanya sirkulasi sirklonik yang terpantau di Kalimantan Barat bagian selatan dan di Papua bagian timur, yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari laut jawa hingga Selatan Karimata.

Daerah konvergensi juga terbentuk di Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat. Lalu, daerah konvernensi lainnya terbentuk juga dari Aceh hingga Sumatra Utara, kemudian di Laut Natuna, perairan sebelah barat Lampung dan Laut Jawa bagian barat.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT