20 September 2022, 16:07 WIB

November, Bandara Kertajati Mulai Beroperasi dan Layani Umrah


Insi Nantika Jelita | Humaniora

Antara
 Antara
Suasana Bandara Kertajati yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat.

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bahwa Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, bersiap melayani penerbangan komersial pada November nanti.

Sejak pandemi covid-19 melanda, penerbangan komersial penumpang di bandara tersebut secara bertahap berkurang. Saat ini, Bandara Kertajati hanya melayani penerbangan untuk kargo, sehingga terlihat sepi penumpang.

"Rencananya, bandara ini digunakan untuk melayani penerbangan umrah,” ujar Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Nur Isnin Istiartono dalam keterangan resmi, Selasa (20/9).

Baca juga: Kang Emil Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dilewati Pemudik

Pihaknya terus mengupayakan agar maskapai kembali membuka sejumlah rute penerbangan untuk melayani penumpang dari dan menuju Kertajati. Kehadiran rencana operasional jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), juga akan membantu pemulihan lebih cepat di bandara tersebut.

Adapun akses jalan tol memungkinkan perjalanan dari Bandung ke Kertajati hanya dalam satu jam saja. Pada Juni 2022, lalu lintas penerbangan domestik maupun internasional sudah mencapai rata-rata 70%, jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi atau pada 2019.

Baca juga: Kemenhub Telah Terapkan Subsidi Angkutan Barang Perintis

Rinciannya, lalu lintas penerbangan domestik mencapai 81% dan lalu lintas penerbangan internasional mencapai 65%. “Pandemi membuat pergerakan pesawat, jumlah penumpang dan kargo di semua bandara mengalami penurunan signifikan," imbuh Isnin.

Selain Bandara Kertajati, pihaknya juga menyoroti kondisi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Dengan adanya penutupan sementara bandara tersebut, berdampak pada sejumlah rute penerbangan pesawat propeller dari Halim menuju bandara lain, seperti Ngloram, JB. Soedirman dan Wiriadinata.

Penutupan sementara Bandara Halim Perdanakusuma pada Maret-Agustus 2022, untuk keperluan revitalisasi dan menjaga keselamatan penerbangan. Selain itu, bandara tersebut juga dipersiapkan untuk pelayanan event Presidensi G20 Indonesia.(OL-11)

BERITA TERKAIT