19 September 2022, 13:15 WIB

BMKG : Besok Potensi Hujan Deras dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah


Naufal Zuhdi | Humaniora

dok.Ant
 dok.Ant
Pegawai BMKG sedang menjelaskan potensi cuaca yang akan terjadi besok atau Selasa (20/9/2022)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat di beberapa wilayah pada 19-20 September 2022. Selain hujan lebat, BMKG memperingatkan potensi angin kencang yang akan terjadi di beberapa wilayah Provinsi Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Twitter BMKG, Untuk hari Senin, 19 September 2022, BMKG memprakirakan Provinsi yang berpotensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang, yakni Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Sementara itu hanya ada 4 Provinsi yang berpotensi mengalami hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, diantaranya Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, dan Maluku.

Dan untuk wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang, yakni hanya Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Untuk besok, tepatnya 20 September 2022, BMKG memprakirakan Provinsi yang berpotensi terjadinya hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang akan terjadi di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian Provinsi yang berpotensi mengalami hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang kemungkinan terjadi di Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, dan Kalimantan Selatan.

Sedangkan Provinsi yang berpotensi terjadinya angin kencang, kembali terjadi di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. (OL-13)

Baca Juga: Karakteristik Musim Hujan 2022 di Atas Normal, BMKG: Masyarakat ...

BERITA TERKAIT