17 September 2022, 07:47 WIB

Dukung Pengembangan Potensi Mahasiswa, UB Siapkan Peserta Olimpiade Vokasi 2022


Faustinus Nua | Humaniora

MI/Dok Vokasi UB
 MI/Dok Vokasi UB
Vokasi Universitas Brawijaya

UNIVERSITAS Brawijaya (UB) selalu mendukung mahasiswanya untuk terus mengembangkan potensi dan berprestasi baik di level nasional maupun internasional. Hal itu merupakan salah satu bentuk peningkatan SDM yang unggul dan siap bersaing secar global.

Sesuai amanat Presiden Joko Widodo, pendidikan vokasi memiliki peranan penting untuk menghadirkan generasi unggul. Kualitas SDM anak bangsa bisa ditingkatkan lewat pendidikan yang menekankan pada karakter, soft skill, hard skill, serta kompetensi.

Dekan Fakultas Vokasi UB Prof Unti Ludigdo mengatakan visi vokasi UB berujung pada kuatnya level keunggulan dan bagusnya reputasi fakultas. Hal tersebut diwujudkan melalui berbagai perangkat pembinaan, salah satunya melalui penyelenggaraan event, baik yang bersifat akademik maupun minat.

Baca juga: Lima Mahasiswa Unibraw Buat Inovasi Alat Deteksi Dini Kanker Rongga Mulut

"Setiap event dipersiapkan dengan sangat baik oleh para dosen selaku tenaga pendidik Vokasi UB yang berkomitmen menciptakan mahasiswa yang berprestasi dan unggul, salah satunya persiapan OLIVIA (Olimpiade Vokasi Indonesia) 2022 dengan dosen mempersiapkan rangkaian acara dan pendampingan, baik dalam bentuk seminar, workshop, dan lainnya untuk menarik minat mahasiswa Vokasi UB bergabung menjadi peserta OLIVIA 2022 serta untuk memastikan agar mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik dalam kompetisi tersebut," ujarnya, Sabtu (17/9).

"Melalui event bergengsi ini, diharapkan dapat menjadi ajang unjuk prestasi para mahasiswa Vokasi UB, sekaligus ajang pembuktian Vokasi UB sebagai salah satu vokasi terbaik di Indonesia yang memiliki nilai prestigious dan reputasi tinggi,” sambungnya.

OLIVIA merupakan perlombaan rutin tahunan antarperguruan tinggi vokasi di seluruh Indonesia sebagai bagian dari agenda tahunan Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia. 

Vokasi UB berkolaborasi bersama praktisi dan juga industri selaku mitra untuk mematangkan persiapan para siswa menuju OLIVIA di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 2022.

“Jika tahun lalu Vokasi UB memperoleh medali terbanyak dalam OLIVIA 2021 dengan perolehan empat medali emas dan lima medali perak, tahun ini, Vokasi UB menargetkan medali emas di seluruh kategori lomba. Oleh karena itu, kami melakukan pendampingan yang lebih intens tahun ini," kata staf ahli kemahasiswaan Vokasi UB Kristanto Adi.

Pendampingan dalam bentuk seminar, workshop, dan pelatihan, kata dia, secara umum diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, serta daya saing mahasiswa Vokasi UB di dunia kerja nantinya. 

Sebab, vokasi adalah pendidikan yang berorientasi pada keahlian dan kepakaran yang spesifik, serta berkemampuan untuk siap kerja, diharapkan mampu mencetak lulusan yang dapat bersaing secara global karena fokus pada pengembangan keterampilan dan teknologi aplikatif. (OL-1)

BERITA TERKAIT