14 September 2022, 18:54 WIB

ASAR Humanity Luncurkan Gerakan 1000 Ton Beras untuk 1000 Pesantren


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
ASAR Humanity menghadirkan "Gerakan 1000 Ton Beras untuk 1000 Pesantren".

TINGKAT kelaparan di Indonesia menurut Data Boks per Agustus 2022 masih tergolong tinggi di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini menjadi ironi tatkala Indonesia juga merupakan produsen beras terbesar ke 3 di dunia. Sementara itu, penyebab utama kelaparan adalah tidak adanya pemenuhan kebutuhan pokok untuk dikonsumsi. 

Salah satu kelompok yang rentan mengalami kekurangan kebutuhan pokok yaitu para santri di Pondok Pesantren, seperti diungkapkan Kepala Program ASAR Humanity Lisdayanti. 

“Hal ini berdasarkan assessment yang tim kami lakukan di berbagai daerah,” ujar Lisdayanti dalam keterangan resminya, Rabu (14/9).

Menjawab persoalan itu, ASAR Humanity menghadirkan "Gerakan 1000 Ton Beras untuk 1000 Pesantren" yang memiliki tujuan utama untuk memadamkan kelaparan yang melanda santri di pondok pesantren akibat kekurangan kebutuhan pokok ataupun pangan. 

“Salah satunya kami distribusikan beras dan minyak tersebut ke Pondok Pesantren Tahfidz Ar Rasyid Al Quds Nambo, Bogor,” katanya.

Baca juga: Pondok Pesantren Punya Potensi Tumbuhkan Ekosistem IKM

Sejalan dengan pernyataan di atas, Manager National Philanthropy and Volunteerism ASAR Humanity Pratiwi mengatakan hingga saat ini, ASAR telah mendistribusikan beras ke 53 Pondok Pesantren di beberapa wilayah yaitu, Jawa Tengah, Jawa Barat,  Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Flores Timur.

“Kami berharap bantuan ini dapat menambah semangat para santri karena rasa lapar tak lagi mengusik di kala para santri menjaga hafalannya,” katanya.

Pratiwi mengajak masyarakat untuk ikut menyumbangkan sebagian rezekinya, untuk mensejahterakan sesama terutama para santri di pondok pesantren. 

“Apabila para pembaca ingin ikut andil dalam Gerakan 1000 Ton Beras untuk 1000 Pesantren, silakan lihat info lebih lanjut di media sosial ASAR Humanity,” jelas Pratiwi. 

Asar Humanity sendiri merupakan lembaga kemanusiaan yang berdiri sejak 1 November 2018 dan hingga saat ini ikut berkontribusi menyelesaikan permasalahan kemanusiaan terbesar yakni kemiskinan.

"ASAR memiliki tujuan untuk menggerakkan kepedulian sosial masyarakat agar melahirkan tatanan sosial masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera," jelas Pratiwi.(RO/OL-09)

BERITA TERKAIT