05 September 2022, 23:41 WIB

10 Agama Terbesar di Dunia, Islam Urutan Segini


Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora

AFP/Vincenzo Pinto.
 AFP/Vincenzo Pinto.
Paus Fransiskus memberkati umat beriman.

DALAM sila pertama Pancasila tertulis, "Ketuhanan Yang Maha Esa." Sila tersebut menyiratkan bahwa seluruh masyarakat Indonesia percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Ada berbagai jenis kepercayaan yang diakui oleh seluruh orang di dunia. Menurut worldpopulationreview.com, ada sekitar 4.000-4.300 agama di dunia ini. Sekitar 85% dari orang-orang di Bumi punya agama, sementara sisanya tidak beragama. 

Berikut 10 agama terbesar di dunia:

1. Kristen 2,38 miliar pengikut.
2. Islam 1,91 miliar pengikut.
3. Hindu 1,16 miliar pengikut.
4. Budha 507 juta pengikut.
5. Shinto 104 juta pengikut.
6. Sikhisme 25 juta pengikut.
7. Yudaisme 14 juta pengikut.
8. Taoisme 12 juta pengikut.
9. Muisme 10 juta pengikut.
10. Cao Dai 4,4 juta pengikut.

Kristen

Kristen dibagi menjadi beberapa bagian atau cabang seperti Catholicism, Protestantism, Eastern Orthodoxy, Anglicanism, Oriental Orthodoxy, dan Assyrians. Ajaran dari tiap-tiap bagian dari Kristen berbeda, tetapi memiliki dasar yang sama yaitu Alkitab.

Islam

Semua penduduk di Maldives, Arab Saudi, dan Mauritania merupakan penganut agama Islam. Di seluruh dunia terdapat kira-kira 50 negara yang mayoritas masyarakatnya merupakan Muslim.

Hindu

Ada empat denominasi dari Hindu yaitu Saiva, Vaishnava, Sakta, dan Smarta. India merupakan negara yang punya populasi Hindu terbanyak, tetapi bukan persentase Hindu yang tertinggi. Negara lain dengan penganut Hindu yang tinggi antara lain Nepal, Bangladesh, Indonesia, Pakistan, Sri Lanka, United States, Malaysia, United Kingdom, dan Mauritius.

Budha

Agama ini memiliki banyak hal yang berbeda dari agama yang lain, seperti tradisi, nilai-nilai, dan kepercayaan, reinkarnasi misalnya. Negara dengan populasi Budha yang terbesar ialah Tiongkok diikuti oleh Thailand, Myanmar, dan Jepang.

Shinto

Shinto banyak digunakan sebagai dasar dari banyak praktik budaya di Jepang.

Sikhisme

Lahir di India pada 1.500-an M dari ajaran Guru Nanak beserta sembilan penerusnya. Sikhisme memiliki 25 juta orang pengikut.

Yudaisme

Agama ini kira-kira muncul pada abad ke-8 SM di Timur Tengah dan terdiri dari tiga cabang utama. Tiga cabang utama tersebut ialah Yudaisme Ortodoks, Yudaisme Konservatif, dan Yudaisme Reformasi.

Taoisme

Taoisme merupakan agama rakyat terbesar yang berkembang di Tiongkok sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Muisme

Muisme adalah salah satu agama tertua yang ada di dunia. Kepercayaan ini terkait erat dengan budaya dan sejarah tradisional Korea dan dikenal sebagai Shamanisme Korea.

Cao Dai

Cao Dai dibentuk oleh Ngo Van Chieu. Ia mengaku telah menerima pesan dari sosok dewa yang dikenal sebagai Supreme Being selama pemanggilan arwah. (OL-14)

BERITA TERKAIT