30 August 2022, 16:33 WIB

PB IDI Resmikan Gedung Dr. R. Soeharto


Mesakh Ananta Dachi | Humaniora

MI/M Iqbal Al Machmudi
 MI/M Iqbal Al Machmudi
Peresmian gedung baru IDI Dr R Soeharto

PENGURUS Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meresmikan nama gedung baru yang diberi nama DR. Raden Soeharto, di Jakarta Pusat, Selasa (30/8).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IDI dr. Adib Khumaidi mengapresiase atas terpilihnya nama Dr. R. Soeharto sebagai nama baru dari gedung PB IDI

"Gedung ini tidak akan berdiri tanpa bantuan Dr. R. Soeharto," kata Adib.

Adib menuturkan sejarah panjang pembentukan organisasi Ikatan Dokter Indonesia sebagai payung besar bagi para dokter menjadi tanda tidak ada organisasi bentukan lain yang menjadi wadah bagi para dokter di Indonesia.

Penamaan Dr. R. Soeharto yang merupakan kelahiran Klaten, Jawa Tengah, pada 1908, juga mendapat apresiasi dan sambutan dari Bupati Klaten Sri Mulyani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Dr. Soeharto ini luar biasa, dia pernah menjadi tentara, menteri, dan juga dokter. Tidak ada satupun dari kita yang bisa meragukan peran beliau yang luar biasa. Maka, saya nyatakan penamaan gedung baru ini sudah tepat," ujar Ganjar Pranowo melalui sambungan video.

Baca juga: Dokter Ingatkan Masalah Retina Harus Segera Ditangani

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mengapresiasi pemberian nama gedung baru tersebut.

"Saya jujur sebagai orang baru di bidang ini (kesehatan), sebelumnya tidak mengenal Dr. R. Soeharto. Namun saya benar-benar belajar bahwa beliau adalah pemersatu, yang berhasil menggabungkan ikatan tabib Indonesia menjadi ikatan dokter,” ucap Menkes Budi.

Terkait dengan itu, Budi juga mendukung rencana penyematan Dr. R. Soeharto sebagai pahlawan nasional.

"Kantor pusat ini harus menjadi sarana untuk menjadi wadah kreatif bagi ide-ide di masa depan, untuk generasi selanjutnya. Bagi saya pemilihan nama Dr. Soeharto sudah tepat bagi pemberian nama gedung ini," tutur Budi yang tak hadir langsung dikarenakan sedang positif covid-19.(OL-5)

BERITA TERKAIT