26 August 2022, 22:40 WIB

IDI: Jangan Sampai Lupakan Upaya Penanganan Penyakit Selain COVID-19


Atalya Puspa | Humaniora

Mediaindonesia.com
 Mediaindonesia.com
Ilustrasi

IKATAN Dokter Indonesia mengingatkan kepada pemerintah agar tidak lupa untuk menangani masalah penyakit menular dan tidak menular di Indonesia meskipun di masa pandemi COVID-19. 

"Kami merekomendasikan agar pemerintah kembali memberikan perhatian untuk menghadapi masalah kesehatan lainnya seperti TB, DBD. Karena masalah kita bukan hanya COVID-19 semata, tapi juga ada penyakit lainnya seperti malaria, kanker, jantung dan penyakit pembuluh darah," kata Ketua Satgas COVID-19 PB IDI Erlina Burhan dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (26/8). 

Baca juga: Vaksin Inavac DItargetkan untuk Lengkapi Booster Masyarakat

"Ayo pemerintah berikan perhatian pada penyakit-penyakit ini. Jangan hanya fokus ke COVID-19 lalu melupakan yang lain," tegas Erlina. 

Ia menegaskan, jika pemerintah hanya terpaku pada penanganan COVID-19, maka akan terjadi perburukan pada kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. 

Erlina mengakui, adanya pandemi COVID-19 tentu menguras tenaga dan pikiran banyak pihak. Namun demikian, ada hikmah yang dapat diambil. Yakni kuatnya koordinasi antarapemerintah pusat, daerah dan berbaagai pihak untuk sama-sama meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. 

"Harapannya kolaborasi lintas sektoral yang melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat luas ini diterapkan untuk menyelesaikan masalah kesehatan seperti TB, malaria, DBD, kanker penyakit jantug dan pembuluh darah serta penyakit metabolik lainnya," pungkas Erlina. (OL-6)

BERITA TERKAIT