20 August 2022, 16:37 WIB

Inter’dental Indonesia 2022 Hadirkan Teknologi Terkini Kedokteran Gigi


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
  

INTERNATIONAL College of Dentists (ICD) XV Region 38 (Indonesia) bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Jakarta Barat dan ASA Exhibitions (PT Nusaraya Asa Pameran) menyelenggarakan Inter’Dental Indonesia 2022 (Indonesia Dental Expo | Seminar | Hands-On).

Kegiatan ini merupakan pameran dagang nasional yang menampilkan beragam produk, peralatan, solusi dan teknologi terkini dalam industri kedokteran gigi dan mulut diikuti lebih dari 30 perusahaan dan supplier dental dalam negeri dan juga tiga perusahaan asal Korea Selatan.

Kedokteran gigi di Indonesia mengalami potensi pertumbuhan yang pesat. Menurut data Konsil Kedokteran Indonesia per 2 Agustus 2022, tercatat ada sekitar 38 ribu dokter gigi yang terdiri dari 34.222 dokter gigi umum dan 4.601 dokter gigi spesialis yang terdaftar.

Sejalan dengan pertumbuhan jumlah dokter gigi yang pesat, maka dirasa perlu untuk meningkatkan kualitas keilmuan, pengetahuan dan keterampilan dari para dokter gigi dalam memberikan layanan Kesehatan gigi dan mulut secara professional.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Dini

“Kegiatan ini berupa ceramah ilmiah yang disampaikan oleh para pakar sesuai bidangnya masing-masing dan diskusi langsung, workshop untuk meningkatkan kemampuan keterampilan klinis yang disesuaikan dengan kebutuhan kasus-kasus pasien sehari-hari," jelas Dr. drg. RM. Sri Hananto Seno, Sp.BM(K), MM, FICD, selaku Ketua ICD XV Region 38 (Indonesia).

"Serta menyelenggarakan pameran material, alat dan obat-obatan kedokteran gigi baik vendor berasal dari luar maupun dalam negeri yang akan memberikan informasi tentang teknologi kedokteran gigi yang terkini serta yang dibutuhkan oleh dokter gigi,” ujar drg. RM. Sri Hananto Seno.

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini (20 – 21 Agustus 2022) menghadirkan 10 pembicara ahli kedokteran gigi dalam ICD Scientific Seminar yang bertemakan “The Future of Dentistry Trends & Technologies”.

Inter'Dental Indonesia 2022 diharapkan menjadi sarana atau media bagi perusahaan yang ingin meluncurkan produk atau teknologi terbaru dalam industri kedokteran gigi, memperluas cakupan bisnis dan networking, membuka peluang kerja sama dan investasi serta mendukung program pemerintah dalam membangun industri kesehatan nasional.

Selain itu, ajang pameran ini juga menjadi showcase bagi para pelaku usaha produsen alat Kesehatan gigi dan mulut dalam negeri.

Inter'Dental Indonesia 2022  juga telah mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan serta PDGI dan para pelaku industri kedokteran gigi.

Dengan hadirnya dukungan ini, akan menjadi momentum yang baik bagi dokter gigi, spesialis gigi, perawat gigi, mahasiswa jurusan kedokteran gigi, produsen gigi, dan peserta dari disiplin ilmu terkait lainnya untuk bisa mengembangkan keilmuannya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan gigi dan mulut di Indonesia. 

“Dengan pertumbuhan industri yang pesat, tentunya kita perlu meningkatkan kualitas keilmuan dan keterampilan kedokteran gigi secara profesional.,"  kata Sekjen PB PDGI drg. Tari Tritarayati, SH. MHKes,

"Kedokteran gigi akan selalu berkembang disertai penemuan baru, teknik, dan teknologi terkini untuk memudahkan pelayanan demi memberikan kenyamanan pada pasien. Untuk itu PB-PDGI menyambut baik kegiatan ini,” jelas drg. Tari Tritarayati.

Penyelenggaraan IInter'Dental Indonesia 2022, lanjut Tari, sejalan dengan upaya pemerintah dalam memajukan industri kedokteran gigi di Indonesia.

Selain kehadiran pembicara internasional yang akan memberikan informasi terbarukan sebagai rujukan bagi pengembangan dan peningkatan daya saing industri, produsen alat kesehatan gigi dan mulut dalam negeri juga mendapat kesempatan untuk memperluas cakupan bisnisnya, membuka peluang kerja sama dan investasi.

Kolaborasi antara pameran dan seminar ilmiah kedokteran gigi ini juga menjadi pusat bertemu bagi dokter gigi, tenaga medis, perusahaan atau supplier dental, pemerintah dan asosiasi ini dapat membangun sinergi dalam memajukan industri kedokteran gigi Indonesia dan pada akhirnya menjadi akselerator untuk pertumbuhan ekonomi bagi pelaku industri kedokteran gigi tanah air yang terdampak pandemi covid-19.

The 8th ICD XV Congress & Induction 2023

Indonesia mendapatkan sebuah kehormatan untuk menyelenggarakan The 8th ICD XV Congress & Induction pada tanggal 13-14 Juli 2023.

Sebagai organisasi kedokteran gigi internasional, ICD (International College of Dentists) berkomitmen penuh pada perkembangan kedokteran gigi dunia melalui kegiatan Pendidikan dan Humanitarian. 

ICD Section XV yang membawahi Indonesia, Thailand, Laos, Malaysia, Singapura, Bangladesh, Pakistan, Afganistan, Vietnam, Hong Kong, Macau, Kamboja, Brunei Darussalam akan menyelenggarakan Congress & Induction Ceremony ke-8 di Jakarta - Indonesia.

Ajang yang bersifat internasional ini juga akan mengkolaborasikan Seminar Ilmiah, Pameran dan Induction Ceremony (Pelantikan). Dokter gigi yang ikut dalam Induction Ceremony ICD akan diberikan gelar kehormatan FICD (Fellow, International College of Dentists). (RO/OL-09)
 

BERITA TERKAIT