18 August 2022, 17:13 WIB

Uhamka Santuni 1.000 Anak Yatim Atas Capaian Akreditasi Unggul


Widhoroso | Humaniora

DOK Uhamka
 DOK Uhamka
Ilustrasi 

UNIVERISITAS Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka), Jakarta menggelar upacara bendera memperingati HUT ke-77 RI serta tasyakuran atas raihan akreditasi unggul berupa pemberian santunan kepada 1.000 anak yatim, Rabu (17/8).

Kegiatan ini dihadiri Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro, Prof Abd. Rahman A. Ghani (Wakil Rektor I), Zamah Sari (Wakil Rektor II), Lelly Qodariah (Wakil Rektor III), Bunyamin (Wakil Rektor IV), para Dekan di lingkungan Uhamka, direktur, kepala biro, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa serta stakeholders Uhamka lainnya.

Upacara peringatan HUT RI ini merupakan yang pertama digelatr Uhamka dalam tiga tahun terakhir setelah dua tahun sebelumnya tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga menjadi momentum rasa syukur akan raihan akreditasi Unggul yang didapat Uhamka di bawah kepemimpinan Gunawan Suryoputro selaku rektor. Uhamka saat ini menempati peringkat 22 dunia untuk kampus Islam terbaik dan peringkat 10 se-Indonesia.

Dalam sambutanhya, Gunawan Suryoputro mengungkapkan akreditasi Unggul merupakan sebuah hadiah terbaik untuk Uhamka. Karena itu, civitas akademika Uhamka harus terus meningkatkan berbagai aspek pendukungnya, diantaranya sistem tata kelola hingga berbagai riset terbaru.

"Akreditasi unggul ini merupakan sebuah kepercayaan besar untuk Uhamka. Maka itu, kita harus terus bersinergi dan bekerja keras untuk mempertahankan dan meningkatkan Uhamka unggul melalui peningkatan pelayanan, sistem kelola yang terus dikembangkan, dan riset yang terus diperbarui," ujar Gunawan Suryoputro.

Ia menambahkan, sebagai bentuk rasa syukur karena telah mendapatkan nikmat melalui akreditasi Unggul serta masih dipercaya di masyarakat, Uhamka melalui Lazismu Uhamka melaksanakan santunan anak yatim.

"Alhamdulillah, rasa syukur Uhamka mendapatkan nikmat yang begitu besar yaitu memperoleh akreditasi Unggul dan masih dipercaya di masyarakat. Sebagai bukti kesyukuran yang didapatkan, kami memberikan santunan anak yatim kepada 1.000 anak yatim,” tutur Gunawan seraya menambahkan santunan ini merupakan bentuk kepedulian Uhamka terhadap sesama yang harus dilaksanakan atas amanat dari KH Ahmad Dahlan.

Di sisi lain, Nandi Rahman, Kepala Kantor Lazismu Uhamka menyatakan dana peduli yatim yang masuk ke rekening Lazismu Uhamka sebesar Rp127.200.000 yang berasal dari dosen maupun tenaga kependidikan Uhamka. Jumlah tersebut ditambah Rp121 juta dari Uhamka sehingga total dana yang terkumpul sejumlah Rp 248.200.000.

Dalam kegiatan ini pula Uhamka melalui Biro Akademik memberikan pembinaan sekaligus monitoring terhadap penerima beasiswa KIP dan penerima beasiswa bidikmisi agar mereka tetap semangat belajar, selanjutnya Uhamka memberikan penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi atas capaian yang didapatkan. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT