16 August 2022, 06:45 WIB

Baby Business dan Open Your Heart to Country, Dongeng Karya Jasmine Seymour


Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora

MI/Joan Imanuella Hanna Pangemanan
 MI/Joan Imanuella Hanna Pangemanan
Penulis dan ilustrator Australia Jasmine Syemour memamerkan dua buku dongengnya.

PEKAN Buku Australia di Perpustakaan Jakarta diwarnai dengan pembacaan dongeng. Dongeng yang dibacakan adalah Baby Business dan Open Your Heart to Country karya Jasmine Seymour. Sang penulis pun memdongengkan langsung karyanya tersebut, Senin (15/8).

Dongeng berjudul Baby Business itu berisi tentang upacara pengasapan bayi dengan adat Dharug yang bertujuan menyambut kelahiran sang bayi ke tanah air. 

Menurut kepercayaan orang Dharug, asap adalah berkah yang dapat melindungi bayi dan mengingatkan mereka kepada daerah tempat asalnya. Upacara yang sudah jarang dilakukan itu dibungkus dengan cerita yang menarik agar anak-anak tetap fokus dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi.

Baca juga: Dubes Australia Resmikan Pojok Baca di Perpustaan Jakarta

Seymour juga ikut turun tangan dalam proses ilustrasi dongeng itu. Buku ini berisi pesan terhadap hubungan negara atau tanah air dan kebutuhan untuk merawatnya. 

Seymour memenangkan gelar Ilustrator Terbaik 2020 oleh dari Buku Anak Australia berkat buku ini. Bahasa yang digunakan dalam judul itu adalah Bahasa Inggris. Akan ada pendampingan dari petugas Perpustakaan jika ada yang kesulitan dalam membaca, misalnya ada kendala dalam bahasa yang ada di buku yang ingin dibaca. 

“Petugas perpustakaan akan senang hati membantu,“ jawab Humas Perpustakaan Jakarta.  

Adapun Open Your Heart to Country ditulis dengan dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Dharug. Ilustrasi di dalamnya juga dibuat oleh Seymour. 

Dongeng ini berkisah tentang koneksi yang sudah ada antara penduduk awal dan negara atau tanah airnya. Ada unsur menguatkan seseorang untuk kembali ke rumah dan tenggelam dalam bahasanya sendiri. 

Seymour mengajak pembaca untuk merenungkan kembali betapa pentingnya suatu tempat, tidak hanya untuk penduduk awalnya namun untuk semua orang yang pernah ada di sana.

Selain menarik minat baca pada anak, dongeng ini juga menyajikan pesan yang lebih dalam untuk pembaca yang lebih tua, menjadikan buku ini sebagai buku yang bisa dinikmati seluruh keluarga. 

Proses pembuatan buku dongeng Baby Business membutuhkan waktu 6 minggu. 

“Saya membuat ilustrasinya terlebih dahulu, lalu saya menulis ceritanya,” ungkap Seymour. 

Sementara untuk Open Your Heart to Country memakan waktu yang singkat yaitu semalaman, namun setahun untuk ilustrasinya. Teknik yang digunakan dalam ilustrasi kedua dongeng tersebut adalah dengan menggabungkan ilustrasi digital dan cat air.

Sebelumnya Seymour tidak memiliki rencana untuk membuat dongeng tentang Indonesia dan Australia. Tapi sekarang, ide untuk membuat cerita tersebut muncul karena koneksi yang cukup berarti antara dua negara ini. 

“Saya menyukai ide tentang menjelajahi rute perdagangan di antara kita (Indonesia dan Australia) yang telah terjadi selama berabad-abad,” tambahnya.

Mari kita tunggu cerita-cerita lainnya dari Jasmine Seymour untuk pembaca yang ada di Indonesia. (OL-1)

BERITA TERKAIT