15 August 2022, 15:30 WIB

Mengenal Jumlah dan Fungsi Kromosom dalam Berbagai Organisme


Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora

DOK MI.
 DOK MI.
Ilustrasi.

DALAM tubuh manusia terdapat hal-hal kecil yang punya peran penting dalam kehidupan manusia. Salah satunya kromosom yang dapat menurunkan sifat, karakter, dan masih banyak hal lain.

Pengertian kromosom

Kromosom merupakan molekul seperti benang yang membawa informasi herediter untuk segala hal mulai dari tinggi badan hingga warna mata. Kromosom terbuat dari protein dan satu molekul DNA yang berisi instruksi genetik suatu organisme yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya. 

Sebagian besar kromosom pada manusia, hewan, dan tumbuhan diatur berpasangan di dalam inti sel. Manusia sendiri punya 22 pasang kromosom yang disebut dengan autosom dan 2 kromosom untuk gender.

Struktur kromosom

Kromosom terdiri dari dua kromatid yang masing-masing tersusun atas benang kromatin. DNA akan terus menerus mengikat kumpulan protein histon sepanjang rantainya menjadi benang kromatin. 

Benang kromatin akan dilipat-lipat untuk masuk ke dalam inti sel dan membentuk dua buah kromatid. Kedua kromatid tersebut akan diikat agar menyatu oleh sentrosom, lalu terciptalah kromosom.

Fungsi kromosom

Salah satu fungsi dari kromosom yaitu mengganti sel lama yang rusak dengan yang baru dalam proses membelah diri. Selama proses ini berlangsung, DNA harus tetap utuh dan merata di antara sel-sel. Di sanalah kromosom bekerja.

Baca juga: Mengenal Hemoglobin, ini akibat jika Kekurangannya 

Kromosom akan bertugas untuk memastikan bahwa DNA disalin dan didistribusikan secara akurat di sebagian besar divisi sel. Namun dalam proses tersebut, terkadang terjadi kesalahan dalam proses pembelahannya. 

Jumlah kromosom

Manusia: 46 kromosom
Ayam: 78 kromosom
Anjing: 78 kromosom
Kucing: 38 kromosom
Gorila: 48 kromosom
Lumba-lumba: 44 kromosom
Kelinci: 44 kromosom
Nyamuk: 6 kromosom
Nanas: 50 kromosom
Kentang: 48 kromosom
Gandum: 42 kromosom
Mangga: 40 kromosom
Padi: 24 kromosom
Jagung: 18 kromosom
Lobak: 18 kromosom

Jenis-jenis kelainan kromosom

1. Kelainan numerik

Kelainan ini terjadi jika jumlah kromosom kurang atau lebih dari yang seharusnya, yaitu dua atau sepasang. Down syndrome terjadi akibat kelainan numerik. Kondisi ini ditandai dengan keterbelakangan mental pada pengidapnya, memiliki bentuk wajah yang berbeda dan khas, serta kekuatan otot yang buruk.

2. Kelainan struktural

Pada umumnya, kelainan ini terjadi karena masalah pada sel telur dan sperma. Namun ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya yaitu penghapusan atau sebagian kromosom hilang, duplikasi atau sebagian kromosom berlipat ganda sehingga menghasilkan materi genetik tambahan, translokasi atau sebagian kromosom ditransfer ke kromosom lain, inversi yaitu sebagian kromosom rusak, terbalik, dan tersambung kembali yang membuat materi genetiknya terbalik, dan cincin yakni sebagian kromosom rusak dan membentuk lingkaran atau cincin.

Kelainan-kelainan di atas terjadi karena ada kesalahan dalam proses pembelahan sel yang menyebabkan sel terlalu banyak atau terlalu sedikit. (OL-14)

BERITA TERKAIT