15 August 2022, 14:00 WIB

UNJ Gandeng Lembaga Sertifikasi Profesi untuk Tingkatkan Mutu Lulusan


Mediaindonesia.com | Humaniora

MI/ HO
 MI/ HO
Penandatanganan kerja sama Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia

FAKULTAS  Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Jakarta  menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSP PRI) guna meningkatkan mutu dan kualitas lulusan. 

Dekan FIS UNJ, Prof. Dr. Sarkadi, M.Si dan Chairman LSPPRI, Muslim Basya, BBA, MBA, menandatangani perjanjian kerja sama dalam rangka sertifikasi kompetensi lulusan Program Studi Sarjana Terapan Humas dan Komunikasi Digital dan Program Studi Ilmu Komunikasi, di Gedung Serbaguna FIS UNJ, Senin (15/8).

Perjanjian kerja sama ini merupakan kelanjutan kerja sama tiga tahun sebelumnya yang telah habis masa berlakunya.


Chairman LSPPRI Muslim Basya menyambut baik kelanjutan kerja sama ini. FIS UNJ menurut Muslim merupakan salah satu mitra kerja sama yang baik. Lulusan FIS UNJ yang mengambil skema entry level Junior Public Relations dinilai tepat dan sangat diperlukan bagi lulusan yang akan bekerja di bidang kehumasan. 

“Kedepannya, lulusan sarjana terapan humas dan komunikasi digital disarankan untuk terus belajar dan dapat meningkatkan skema sertifikasinya ke jenjang yang lebih tinggi,” jelas Muslim.

LSP PRI merupakan LSP Humas pertama di Indonesia yang berada di bawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dalam tiga tahun terakhir, LSPPRI telah mensertifikasi tiga angkatan lulusan Prodi Humas FIS UNJ. Sertifikasi kompetensi dapat menilai kemampuan seseorang melalui beberapa rangkaian tes. Tujuannya agar menjamin kompetensi apakah sudah sesuai dengan standar global yang telah ditentukan oleh lembaga profesi. 

Adapun Dekan FIS UNJ Sarkadi dalam sambutannya mengatakan, penandatanganan kerja sama ini merupakan momentum sejarah. 

“Fakultas sangat mendukung dan. Program sertifikasi kompetensi merupakan program prioritas sehingga lulusannya tidak hanya mendapatkan ijazah tapi juga mendapatkan sertifikat kompetensi yang menjadi poin lebih bagi lulusannya,” jelas Sarkadi.

Setelah penandatanganan kerja sama, kegiatan dilanjutkan dengan uji sertifikasi kompetensi bagi lulusan Prodi D3 Humas angkatan terakhir. Pasalnya prodi ini sudah bertransformasi menjadi Prodi Sarjana Terapan Humas dan Komunikasi Digital. 

Uji kompetensi bagi lulusan D3 Humas pada 15-16 Agustus 2022 dan 1-2 September 2022 untuk Prodi Ilmu Komunikasi. (OL-8)

BERITA TERKAIT