15 August 2022, 11:55 WIB

Serahkan Achmad Bakrie Award, Puan Apresiasi Dedikasi Dokter Tanggulangi Covid-19


Mediaindonesia.com | Humaniora

dok. DPR RI
 dok. DPR RI
Ketua DPR Ri Puan Maharani menyerahkan Achmad Bakrie Award 2922

KETUA DPR RI Puan Maharani ditunjuk sebagai salah satu tokoh yang menyerahkan award kepada pemenang Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) XVIII 2022. Puan memberikan selamat kepada seluruh penerima award PAB.

“Saya mengucapkan selamat kepada tokoh dan lembaga yang mendapatkan Penghargaan Achmad Bakrie XVIII 2022 berkat karya-karyanya yang luar biasa dan inspiratif serta manfaatnya yang dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Puan dalam Malam Penganugerahan PAB XVIII/2022 di Djakarta Theatre, Jakarta, Minggu (14/8).

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu pun mengapresiasi Yayasan Achmad Bakrie yang bekerja sama dengan Freedom Institute dan Kelompok Usaha Bakrie karena telah menghelat event PAB. Menurut Puan, penghargaan seperti ini sangat diperlukan dalam upaya mendukung sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia.

“Apresiasi atas komitmennya memberi penghargaan kepada para ilmuwan, tokoh-tokoh lain, serta lembaga yang mendedikasikan hidupnya demi kemajuan bangsa,” ucapnya.

Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) kembali digelar tahun ini setelah sempat absen dua tahun karena pandemi Covid-19. Ada 5 kategori penghargaan yang diberikan di PAB XVIII 2022 yang juga digelar sekaligus dalam rangka  memperingati HUT RI ke-77.

Adapun Puan memberikan award kepada pemenang PAB XVIII 2022 untuk kategori kedokteran, yakni dr. Erlina Burhan dan dr. Tonang Dwi Ardyanto. Keduanya mendapat penghargaan karena memberi sumbangsih sinergis antara bidang klinis-epidemologis dan pulmonologis-kesehatan publik yang membantu Indonesia menghadapi pandemi global Covid-19 dengan hasil yang mendapat pujian dunia internasional.

Baca juga : Aboe Bakar Al Habsyi Apresiasi Kapolri Bubarkan Satgasus Polri

“Dedikasi dan penerapan ilmu yang diberikan para dokter dalam penanggulangan Covid-19 telah membantu masyarakat bertahan dari badai pandemi,” tutur Puan.

“Sumbangsih para dokter sudah sepatutnya mendapat penghargaan, terutama yang memiliki dampak besar seperti dr. Erlina dan dr. Tonang,” imbuh mantan Menko PMK itu.

Selain kedokteran, ada 4 kategori lain yang diberikan dalam PAB XVIII 2022. Penghargaan diberikan kepada Nirwan Dewanto untuk kategori sastra, Mohtar Mas’oed kategori pemikiran sosial, Tim Peneliti Arkeologi Lukisan Gua Purba Indonesia untuk kategori sains, serta R. William Liddle untuk penghargaan khusus sebagai Ilmuwan Internasional yang berjasa untuk Indonesia.

“Terima kasih kepada seluruh tokoh dan lembaga yang telah memberikan karya nyata dan bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa Indonesia,” ungkap Puan.

Sejak digelar pertama kali pada 2003 sampai penyelenggaraan terakhir pada 2019, PAB telah memberikan penghargaan kepada 76 penerima. Dengan tambahan pada tahun ini, total sudah ada 81 penerima Penghargaan Achmad Bakrie. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT