14 August 2022, 15:09 WIB

BMKG: Waspadai Curah Hujan Tinggi pada Tiga Hari Mendatang


Dinda Shabrina | Humaniora

Antara
 Antara
Hujan deras mengakibatkan banjir di wilayah Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

KOORDINATOR Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Miming Saepudin membenarkan adanya potensi bibit siklon atau siklon tropis hingga Oktober di sebelah utara Indonesia.

Berdasarkan historical data bibit siklon tropis dan siklon tropis di area monitoring Tropical Cyclone Warning Center TCWC Jakarta, hingga Oktober menunjukkan probabilitas tumbuh bibit siklon di belahan Bumi bagian utara.

Baca juga: BMKG Ingatkan Ancaman Gempabumi dan Tsunami Selatan Jawa

Adapun pertumbuhan siklon tropis di bagian utara Indonesia biasanya tumbuh dari sekitar Samudra Pasifik bagian Barat. Namun, bisa juga tumbuh di Laut China Selatan.

“Siklon tropis yang tumbuh di bagian utara Indonesia akan memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca, berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Berikut, angin kencang dan gelombang tinggi di sebagian wilayah,” jelas Miming saat dihubungi, Minggu (14/8).

Baca juga: Cuaca Buruk Masih Landa Perairan Kalsel

“Rata-rata per bulan lebih dari 3,5 kejadian di Bumi bagian utara. Secara umum, potensi kejadian TC di belahan Bumi utara masih dapat terjadi pada April sampai November. Sedangkan di selatan Indonesia, waspadanya pada November sampai April,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia menyebut setiap ada informasi dari BMKG terkait perkembangan cuaca, secara langsung diinformasikan ke BNPB dan BPBD yang dilakukan oleh UPT BMKG di daerah.

“Tentu sudah dikoordinasikan. Biasanya langsung dilakukan UPT BMKG di daerah,” pungkas Miming.(OL-11)

BERITA TERKAIT