13 August 2022, 23:00 WIB

Mahasiswa KKN Undip Ajak Remaja Terapkan Gaya Hidup Zero Waste   


Oryza Khansa Azzahra, Mahasiwa Departemen Teknik Lingkungan Undip | Humaniora

Dok pribadi
 Dok pribadi
Para pelajar SMAN 98 Jakarta yang mendapat edukasi gaya hidup zero waste. 

SAAT ini Indonesia tengah menghadapi banyak permasalahan lingkungan yang salah satunya sektor persampahan. Permasalahan sampah tersebut seakan-akan tidak berujung dan sulit untuk menemukan solusi yang tepat. 

Permasalahan sampah juga menjadi pemicu timbulnya masalah-masalah lain seperti mengganggu kesehatan hingga bencana alam. Namun, justru masih banyak masyarakat yang tutup mata dan tidak peduli terhadap hal tersebut. Mereka menganggap sampah adalah sesuatu yang tidak berguna dan hanya dibuang begitu saja.

Zero waste lifestyle adalah gaya hidup yang bijak dalam mengonsumsi dan memaksimalkan siklus sumber daya hingga produk-produk bisa digunakan kembali. Sering terjadi miskonsepsi bahwa hal tersebut berarti antiplastik. Namun tidak bisa dipungkiri kalau perkembangan zaman juga diiringi oleh plastik, sehingga perlu digarisbawahi bahwa tidak ada yang sempurna dari gaya hidup zero waste

Zero waste berarti bagaimana cara kita memanjangkan umur plastik dan membuat plastik tidak hanya digunakan sekali pakai. Dalam kaitan inilah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro pada 2022 mengadakan program edukasi mengenai zero waste lifestyle kepada siswa-siswi SMAN 98 Jakarta. 

Program tersebut bertujuan memperkenalkan gaya hidup sederhana dalam meminimalisasi sampah terutama plastik agar tidak hanya berakhir di TPA (pempat pemrosesan akhir). Sasaran program ini adalah remaja karena kebanyakan mereka suka membeli sesuatu yang belum tentu berguna namun tetap menimbulkan kemasan atau sampah. 

Kampanye mengenai aksi cinta lingkungan yang salah satunya adalah mengenai zero waste juga sedang marak disuarakan dari remaja dan untuk remaja. Oleh karena itu, dengan adanya program ini diharapkan para remaja semakin sadar dan peduli terhadap sampah yang dihasilkan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan. (RO/O-2)

BERITA TERKAIT