11 August 2022, 19:54 WIB

Kemendikbud-Ristek Siap Fasilitasi Komunitas Budaya


Syeha Alhaddar | Humaniora

MI/USMAN ISKANDAR
 MI/USMAN ISKANDAR
Sanggar Dao Sarira membuat konten Youtube tarian Toraja Sanda Oni di depan Tongkonan di Toraja Utara, Sulewesi Selatan, Selasa (3/11/2020)

DIREKTUR Perfilman, Musik dan Media Kemendikbud-Ristek RI, Ahmad Mahendra, tegaskan bahwa pemerintah adalah fasilitator bagi para komunitas yang siap promosikan kebudayaan positif di media sosial. Ahmad mengatakan sudah seharusnya negara mendorong dan memperkuat pemberdayaan di komunitas untuk melestarikan dan memamerkan budaya lokal.

"Yakinlah negara adalah fasilitator yang sudah membuat skema untuk produksi konten positif," ungkapnya dalam acara penutupan Kampanye Program Budaya di Gedung Kemendikbud Ristek, Rabu (10/8).

Ahmad turut mengajak seluruh pihak untuk menginsipirasi dan menunjukkan kreativitas secara terus menerus. Ahmad menjelaskan bahwa pihak Kemendikbud-Ristek siap memfasilitasi komunitas baik dalam hal pendanaan dan peningkatan kualitas konten.

Baca juga: Dorong Kewirausahaan dan Daya Saing Pemuda, Pegadaian Gandeng Kemenpora

Dalam hal ini Ahmad menjelaskan bahwa negara memiliki program berupa dana perwalian yang dapat digunakan masyarakat untuk memfasilitasi berbagai kegiatan. Kegiatan tesebut seperti beasiswa, organisasi kebudayan, mikro sinema, interaksi budaya, dokumentasi karya, penciptaan karya kreatif inovatif, dana pendampingan dan kajian objek pemajuan kebudayaan.

"Saat ini kita harus jeli, bersinergi bukanlah hanya dengan institusi-insititusi resmi," tambahnya. Ahmad juga menjelaskan Kemendikbud-Ristek telah membuat platform untuk mengangkat kreativitas para komunitas seperti Indonesiana TV dan laman Youtube Budaya Saya. (H-3)

BERITA TERKAIT