11 August 2022, 19:41 WIB

PP Muhammadiyah: Toleransi Sekolah di Indonesia Masih Cukup Baik


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

Dok.Pribadi
 Dok.Pribadi
Ketua PP Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad

KETUA PP Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad menilai toleransi di sekolah DKI Jakarta dan Seluruh Indonesia masih cukup baik serta tidak ada gesekan yang dapat memecah belah antar agama atau golongan.

Menurut saya toleransi di sekolah sekolah di DKI dan di Indonesia cukup baik tidak ada gesekan atau perlakuan karena berbeda agama dan keyakinan tidak ada paksaan pindah agama," kata Prof Dadang saat dihubungi, Kamis (11/8).

Sebelumnya diberitakan temuan kasus intoleransi dan diskriminasi di 10 sekolah di DKI Jakarta. Aduan intoleransi tersebut ditampung oleh anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan yang berasal dari SD, SMP, SMA, dan SMKN.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Gelar Ruwatan Bumi dan Orchestra dalam Rangkaian G20

"Sedangkan kasus yang dilaporkan hanya sebatas salah pengertian soal kerudung, bisa di bicarakan baik-baik tidak usah menjadi isu besar," ujarnya.

Masyarakat diharapkan memberikan ruang kepada guru untuk membina karakter muridnya. Sehingga tidak ada tekanan apapun kepada pengajar.

"Yang paling penting biarkan guru membina karakter yang baik bagi siswanya jangan ada campur tangan dari luar sekolah yang akan menjadikan guru was-was dan setengah hati dalam membina karakter murid," ungkapnya.

Sehingga sekolah bisa membuat aturan dan didukung oleh para ahli pendidikan yang disepakati bersama untuk pembinaan karakter dan akhlak generasi muda. (OL-4)

BERITA TERKAIT