09 August 2022, 21:18 WIB

Kata Luhut, Pengendalian Covid RI Terbaik Se-Asia


Valerie Augustine Budianto | Humaniora

Dok Kemenko Maritim dan Investasi
 Dok Kemenko Maritim dan Investasi
Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan

MENTERI Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim penanganan Covid-19 di Indonesia menjadi yang terbaik di Asia. Ia menyebut meski terjadi kenaikan kasus, pandemi di Indonesia masih terkendali.

"(Penanganan) Covid -19 di Indonesia di Asia masih terbaik dan di dunia salah satu negara yang terbaik," kata Luhut dikutip dari situs resmi Kemenko Marves, Selasa (9/8).

Koordinator PPKM Jawa-Bali itu menegaskan Indonesia berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 dengan cepat. "Indonesia berhasil mengendalikan pandemi dengan cepat. Walaupun kasus meningkat, tetapi tingkat rawat inap RS dan angka rendah serta terkendali," tandas Luhut.

Menurutnya, ini dibuktikan dari terkendalinya tingkat rawat inap rumah sakit dan kematian di tengah meningkatnya kasus. Lebih lanjut, ia mengaku situasi saat ini jauh lebih terkendali jika dibandingkan dengan lonjakan kasus ketika gelombang omikron maupun delta.

Tercatat rata-rata kasus kematian harian akibat Covid-19 di Indonesia selalu berada di bawah angka 30 sejak Mei 2022. Data menunjukkan rata-rata kematian harian sejak Agustus 2022 sekitar 13 jiwa dengan jumlah korban jiwa tertinggi sebanyak 24 jiwa pada 2 Agustus 2022.

Adapun hari ini angka covid-19 bertambah 6.276 kasus. Sehingga, total kasus konfirmasi positif di Indonesia mencapai 6.255.679 orang. (OL-8)

BERITA TERKAIT