06 August 2022, 10:18 WIB

Sinarmas World Academy Kenalkan Program BEST Pathways Sejak Usia Dini


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Sinarmas World Academy (SWA) mengenalkan Program BEST Pathways di Trini Dewi Theatre, Sinarmas World Academy, Kota Tangerang.

SINARMAS World Academy (SWA) siap membawa warna berbeda dalam kegiatan belajar mengajar bagi para siswanya melalui program BEST Pathways.

BEST Pathways diperkenalkan secara langsung oleh pihak sekolah pada saat sesi orientasi siswa dan orang tua baru, Jumat (5/8) bertempat di Trini Dewi Theatre, Sinarmas World Academy, Kota Tangerang.

Program ini memiliki fokus pada empat jalur akademis yaitu Business, Engineering, Science & Technology, dan Arts (BEST).

BEST Pathways sendiri merupakan program yang dirancang secara khusus oleh SWA demi mendukung setiap siswa untuk mendapatkan ilmu dan mengembangkan kemampuan sesuai minat dan bakatnya.

Tujuan akhir program tersebut untuk mempersiapkan lulusan sekolah yang tidak hanya berhasil dari segi akademis, tapi juga memiliki banyak pengalaman yang bisa menjadi bekal di perjalanan mereka berikutnya, yaitu perguruan tinggi dan jenjang karier.

“Melalui BEST Pathways, SWA berkomitmen untuk memberikan dukungan sampai ke tingkat personal sehingga setiap anak mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan bidang yang mereka pilih sendiri,” ungkap Deddy Djaja Ria, General Manager Sinarmas World Academy, dalam sesi orientasi dengan para orang tua siswa.

Dirancang dengan sangat cermat yang memperhatikan banyak aspek pembelajaran dan tumbuh kembang anak, nantinya program ini akan diintegrasikan secara bertahap sehingga memiliki pendekatan yang berbeda antar tingkat usia.

Deddy memberi contoh, bahwa di tahap usia dini, pendekatan yang dilakukan akan diintegrasikan dengan kurikulum Early Years Foundation Stage, kurikulum pembelajaran berbasis permainan.

Di tahap ini, setiap anak akan mendapat kesempatan yang sama untuk mencoba berbagai macam kegiatan yang dihadirkan di dalam kelas.

“Mulai dari pengenalan literasi dan angka, kegiatan menjelajah di alam terbuka, hingga memanfaatkan kecanggihan teknologi dan menggunakannya untuk berkarya," jelasnya. 

"Di tahap ini SWA mendorong setiap anak untuk terlibat dalam seluruh aktivitas sembari mencari hal yang menjadi minat dan bakatnya,“ kata Deddy.

Berlanjut di tahap sekolah dasar, program ini akan diterapkan dengan cara mempelajari dan menganalisa perkembangan setiap siswa untuk kemudian menjadi basis data yang digunakan tim akademis dalam memberikan dukungan tambahan sesuai dengan apa yang masing-masing siswa butuhkan secara personal.

Dukungan tambahan yang dimaksud berupa mata pelajaran akhir setiap harinya, atau yang disebut oleh SWA dengan istilah “9th Period”, yang materinya bisa dipilih oleh setiap siswa secara berbeda sesuai kebutuhannya atau kemahirannya.

“Untuk 9th Period, pihak sekolah akan memberikan rekomendasi pada orang tua mengenai mata pelajaran terbaik yang sesuai dengan anaknya," katanya.

"Contohnya jika ada anak yang kurang baik di bahasa Inggris, di mata pelajaran terakhir ini, sekolah akan merekomendasikannya untuk mengambil bahasa Inggris," ucapnya.

"Sebaliknya jika ada anak yang sangat mahir di matematika, maka sekolah akan merekomendasikannya mengambil matematika tingkat atas untuk olimpiade agar ia bisa mengasah kemampuannya lebih lagi,” terang Deddy,

“Di tahap sekolah dasar juga, jiwa kompetitif anak mulai dipupuk secara rutin melalui kegiatan proyek dan kompetisi rutin baik di dalam maupun di luar sekolah,” tambahnya.

Baca juga: Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung Dorong Guru Aktif Menulis

Penerapan program BEST Pathways akan mulai terlihat semakin terstruktur saat anak sudah memasuki rentang usia sekolah menengah pertama dan menengah atas.

Di tahap ini, setiap siswa akan diperkenalkan secara mendetail ke empat jalur akademis yang disebutkan di awal tadi: Business, Engineering, Science & Technology, dan Arts.

Tentunya, setiap jalur akademis akan membutuhkan kombinasi mata pelajaran dan arahan yang berbeda.

Bingung untuk memilih? Tidak perlu khawatir, karena SWA juga menyediakan konselor yang khusus memberikan dukungan pada setiap siswa untuk memilih mata pelajaran, ekstrakulikuler, hingga sertifikasi di luar sekolah yang sesuai minat bakatnya.

Dukungan yang sama baiknya akan diberikan untuk para siswa yang sebelumnya sekolah di SWA, maupun siswa yang baru pindah dari sekolah lain ke SWA.

Deddy juga menambahkan bahwa dalam tahap ini, proses pemilihan pelajaran juga melibatkan orang tua siswa.

Hal ini bertujuan agar komunikasi antar sekolah, orang tua, dan anak terjalin dengan baik sehingga semuanya bisa sepakat dan memiliki satu tujuan yang sama untuk masa depan anak.

Tidak hanya di tahap awal saja, semasa pembelajaran di tingkat ini, konselor di SWA juga akan secara aktif membantu setiap siswa secara personal untuk mempersiapkan profil akademis setiap anak untuk masuk ke perguruan tinggi—termasuk untuk memberikan panduan dan arahan bagaimana bisa mendapatkan beasiswa sesuai dengan universitas yang dituju.

Proses ini yang membuat jalur dan cara pembelajaran yang diambil setiap siswa akan terasa unik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Sesuai dengan visi SWA untuk membentuk masa depan sebagai komunitas pembelajar yang dinamis dan mendunia, BEST Pathways juga merupakan program yang terus bertumbuh dan berevolusi dari waktu ke waktu.

“Menggabungkan basis data akademis dari siswa dan para lulusan, serta perkembangan dunia setiap tahunnya, pihak sekolah juga akan terus belajar dan bertumbuh untuk dapat memberikan dukungan yang paling relevan untuk saat ini, bahkan mengantisipasi kebutuhan siswa di masa yang akan datang,” pungkas Deddy.

Ke depannya, pihak SWA berencana untuk memperkenalkan program ini secara lebih luas kepada para calon orang tua siswa yang membutuhkan dukungan pendidikan yang modern, inklusif, dan dinamis untuk anak-anak mereka.

Untuk itu pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022, Sinarmas World Academy akan menyelenggarakan Open House perdananya di tahun ajaran 2022/23.

Dalam Open House ini, akan hadir Kepala Sekolah dan tim akademis yang siap membantu para calon orang tua siswa mengenai kebutuhannya. Untuk mendaftarkan diri dalam kegiatan ini, bisa menghubungi WhatsApp Sinarmas World Academy di 0889 7308 8773.

“Melalui BEST Pathways yang diadaptasi di dalam sistem belajar-mengajar, SWA membantu para siswa secara personal untuk memberikan persiapan yang lebih matang dalam memaksimalkan bidang pembelajaran yang tepat sasaran," jelasnya.

"Sehingga setiap siswa yang lulus dari SWA bisa menjadi pribadi yang tidak hanya menunjukkan performa akademis yang baik, tapi juga menjadi yang unggul di bidangnya,” tutup Deddy. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT