04 August 2022, 10:00 WIB

Kiat Sukses Kuliah di Luar Negeri


Budi Ernanto | Humaniora

DOK IST
 DOK IST
Ilustrasi perayaan kelulusan sekolah.

Untuk yang sedang melanjutkan studi di luar negeri, tentunya banyak sekali tantangan yang dihadapi. Mulai perbedaan kultur hingga perasaan rindu negara asal yang kerap datang menghantui.

Meski begitu, kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri tidak boleh disia-siakan. Apalagi hal tersebut merupakan sebuah privilege yang mungkin saja tidak semua orang bisa mendapatkannya. Maka dari itu, untuk memastikan agar tetap bisa survive dan sukses saat kuliah di luar negeri, beberapa hal berikut bisa diperhatikan.

1.Disiplin dan tetap Fokus
Walau pengalaman tinggal di luar negeri untuk waktu yang lama adalah hal yang menyenangkan, sebaiknya itu jangan sampai membuat terlena dan kehilangan fokus. Tetap ingat bahwa tujuan utama pergi dari Tanah Air ialah untuk belajar. Sehingga harus tetap disiplin dalam menyelesaikan pendidikan.

2. Latih kemandirian
Pastinya ada banyak yang ketika pergi ke luar negeri dan tidak memiliki kerabat di negara tempat belajar. Hal tersebut seharusnya bisa memotivasi untuk bisa melatih kemandirian dan bertanggung jawab dengan diri sendiri. Latihan itu pasti akan berguna ketika kembali pulang ke kampung halaman.

Baca juga: Usai Diperiksa 7 Jam, Irjen Sambo Beberkan Peristiwa di Rumahnya

3. Jaga komunikasi 
Meskipun sedang berada jauh dari negara asal, jangan sampai membiarkan komunikasi dengan keluarga dan kerabat terputus. Sekadar bertukar kabar melalui email atau video call sangat ampuh untuk dapat mengobati kerinduan akan kampung halaman. Di samping itu, komunikasi yang baik juga bisa menghilangkan rasa khawatir yang dirasakan oleh orang-orang terdekat.

4. Kelola keuangan dengan baik
Biaya hidup saat tinggal di luar negeri terutama di sejumlah negara terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia. Maka dari itu harus pintar-pintar mengelola keuangan termasuk transfer uang. Salah satu yang mempermudah untuk urusan itu ialah dengan menggunakan Topremit yang merupakan layanan pengiriman uang ke luar negeri secara murah dan cepat.

Topremit mendukung pengiriman uang ke lebih dari 60 negara dengan biaya terjangkau dengan sistem biaya transfer flat mulai dari Rp45 ribu tergantung negara yang dituju. Kursnya rendah dan transparan. Pengguna bisa mengakses situs Topremit atau unduh aplikasinya di smartphone. Pengguna cukup registrasi dan selanjutnya pilih negara tujuan dan nominal uang yang ingin dikirim serta isi detail pihak penerima uang yang dikirimkan. Lalu selesaikan transaksi dengan membayar lewat m-banking dari bank mana saja. Topremit sendiri juga sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia dengan nomor lisensi 11/11/MDN/1. (R-3)

BERITA TERKAIT