04 August 2022, 17:30 WIB

Besok, 5000 Prangko Seri Khusus ASEAN Para Games 2022 dan Prajurit Keraton Diluncurkan


Widjajadi | Humaniora

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
Plt Direktur Pos Ditjen PPI Kemkominfo, Gunawan Hutagakung bersama SekDisbudpar Kota, Rini Kusumandari paparkan peluncuran prangko seri khus

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo ) besok sore ( Jumat, 5/8) akan meluncurkan prangko 5000 seri khusus ASEAN Para Games 2022 dan seri Prajurit Keraton Surakarta, di Kota Surakarta.

"Penerbitan prangko seri khusus ASEAN Para Games 2022 ini sebagai bentuk penghormatan kepada Kota Surakarta yang menjadi tuan rumah bagi terselenggaranya pesta olahraga yang diikuti 11 negara di Asia Tenggara, dan sekaligus upaya mempromosikan Kota Surakarta sebagai kota budaya dan Pariwisata," tukas Gunawan Hutagalung, yang menjabat Plt Direktur Pos Ditjen PPI Kemkominfo,Kamis ( 4/5) di Balaikota Surakarta.

Peluncuran prangko seri khusus yang mestinya dilakukan Juni lalu, diakui Gunawan memang cukup terlambat. Namun dengan tergelarnya pesta multievent APG 2022 berlangsung akhir Juli - Agustus, menjadikan sesuatu yang bersambut, dengan peluncuran prangko seri khusus itu.

Dia paparkan, karena merupakan kegiatan yang sangat istimewa dan bernilai sejarah, maka peluncuran prangko seri khusus APG 2022 dan Prajurit Keraton Surakarta itu, akan dikemas secara budaya.

Prosesi peluncuran prangko seri khusus yang digelar Jumat sore (5/8) itu, akan melibatkan ratusan prajurit Keraton Surakarta. Bahkan titik start dimulai dari halaman Kori Kamandungan Keraton Surakarta.

Raja Surakarta, Sampean Ingkang Kanjeng Sinuhun (SIKS) akan memberikan sambutan secara khusus pula, sebelum kirab budaya menyambut peluncuran prangko seri khusus itu sampai di Balaikota, dan kemudian ditandatangani oleh Walikota Gibran Rakabuming Raka.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surakarta, Rini Kusumandari menimpali, bahwa dalam rangkaian kirab budaya peluncuran prangko khusus itu, juga ada suguhan kesenian tradisi di sejumlah titik rute menuju Balaikota.

"Nanti pangeran KGPH Puruboyo selaku pangerah putra mahkota, juga akan ikut dalam kirab. Dan begitu sampai Balaikota, akan ada atraksi prajurit keraton dan tarian Krida Retno," kata Rini.

Begitu dua prangko seri khusus itu ditandatangani Walikota Gibran, maka resmi sudah prangko menjadi alat berkirim surat. " Atas dasar harga surat dikirim," imbuh Gunawan.

Selain berfungsi sebagai piranti berkirim surat, prangko APG 2022 dan Prajurit Keraton Surakarta itu juga bisa berfungsi sebagai benda koleksi maupun souvenir.

"Nanti para atlet yang berkompetisi di APG 2022, bisa memiliki sebagai souvenir. Masyarakat sendiri sudah bisa memanfaatkan untuk kepentingan berkirim surat atau benda koleksi," tegas Gunawan Hutagalung.

Dalam acara peluncuran prangko 5000 seri khusus APG 2022 dan juga seri Prajurit Keraton Surakarta, rencananya akan dihadiri oleh Menkominfo RI Jhonny G Plate yang akan menandatangani sampul hari pertama Prangko Seri Prajurit Keraton Surakarta dan Sampul Peringatan APG XI Solo 2022.

"Gubernur Jawa Tengah juga direncanakan hadir untuk ikut memberikan sambutan," pungkas Gunawan. (OL-13)

Baca juga: Prangko Khusus Seri MotoGP Mandalika

 

 

BERITA TERKAIT