27 July 2022, 12:55 WIB

Bulog Pastikan Daging Kerbau Frozen Bebas dari PMK


Despian Nurhidayat | Humaniora

AntaraI
 AntaraI
Ilustrasi pekerja menurunkan daging beku kemasan dari dalam kontainer.

DIREKTUR Bisnis Perum Bulog Febby Novita mengimbau masyarakat tidak panik terhadap isu penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sedang mewabah di Indonesia. 

Pihaknya memastikan bahwa daging frozen kerbau yang diimpor dari India aman dan bebas dari PMK. Daging kerbau dikatakannya bisa menjadi alternatif sumber protein dan gizi masyarakat yang aman.

Tim Bulog langsung terbang ke India untuk memeriksa proses pemotongan dan transportasi produksi hewan ternak di India. Serta, melakukan inspeksi dari tahap peternak hingga rumah produksi di daerah yang dipilih secara acak. Tujuannya, memeriksa prosedur yang dilaksanakan oleh pemasok daging beku.

Baca juga: PMK Jangkiti Hewan Ternak Di 22 Provinsi

“Sebelum dilakukan pengiriman ke Indonesia, daging kerbau yang diimpor Bulog dipastikan hanya berasal dari supplier yang telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia. Serta, izin untuk memasok ke Indonesia dari Kementerian Pertanian," jelas Febby dalam suatu diskusi, Rabu (27/7).

"Produk daging beku harus memenuhi kriteria kesehatan hewan dan dinyatakan layak dikonsumsi manusia, sebagaimana dinyatakan dalam sertifikat kesehatan (health certificate) dari lembaga veteriner di India," imbuhnya.

Demi meyakinkan masyarakat terhadap kondisi daging kerbau beku yang diimpor dari India, Bulog melakukan tes PCR di Pusat Veteriner Farma. “Bulog rutin melakukan uji laboratorium, termasuk uji PMK. Untuk meyakinkan bahwa daging beku dari India memenuhi persyaratan kesehatan," ungkapnya.

"Saat tiba di Indonesia, daging kerbau langsung diperiksa tiap kontainer oleh Balai Karantina Tanjung Priok Kementerian Pertanian dan diberi sertifikat," sambung Febby.

Baca juga: Pasok Kebutuhan Ramadan, Bulog Datangkan 36.000 Ton Daging Kerbau India

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian Nuryani Zainuddin menyampaikan bahwa PMK pada hewan tidak membahayakan kesehatan manusia. Sehingga, daging dan susu tetap aman untuk dikonsumsi.

“Produk hewan yang diolah dengan penanganan benar, mampu membunuh virus, sehingga aman untuk diedarkan. Penanganan yang benar juga dapat mendukung upaya pencegahan penyebaran PMK pada hewan," tutur Nuryani.

Stok daging kerbau beku yang didatangkan Bulog sampai saat ini mencapai 57 ribu ton. Bulog pun dapat mengatasi kebutuhan lonjakan permintaan dan harga daging beku sejak periode Ramadan dan Idulfitri.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT