21 July 2022, 15:30 WIB

Komit Sustainability Lingkungan, Oris Kenalkan lagi Jam Tangan Big Crown Pointer Date


Mediaindonesia.com | Humaniora

Dok.Oris Indonesia
 Dok.Oris Indonesia
Ilustrasi

ORIS Indonesia mengenalkan kembali jam tangan ikonik Big Crown Pointer Date pada seri terbaru yaitu dengan Calibre 403. Big Crown Pointer Date merupakan seri jam tangan dengan desain khas Oris sejak diperkenalkan pada  1938 silam. Big Crown Pointer Date telah diproduksi secara konstan selama lebih dari 80 tahun, yang memiliki dua ciri khas yaitu crown yang besar dan jarum tengah dengan panah berwarna merah yang menunjuk tanggal di sekitar tepi dial. Selain itu Big Crown Pointer Date ini merupakan ikon pembuatan jam Oris, dan menjadi sebuah perbincangan untuk pembuatan jam yang indah, fungsional, dan desain yang tak lekang oleh waktu.

“Penunjuk pada tanggal crown besar merupakan salah satu peningkatan Oris Big Crown Pointer Date Calibre 403 paling signifikan, yaitu dengan ukuran 38 mm. Salah satu seri Oris dengan calibre 400 otomatis yang diperbaharui desainnya untuk melengkapi subdial detik dan tanggal. Seperti halnya setiap gerakan di Seri Kaliber 400, Kaliber 403 memiliki tingkat anti-magnetisme yang lebih tinggi, dengan cadangan daya lima hari, dan garansi 10 tahun,” papar Brand Manager Oris Indonesia, Nouval Wiriana, pada acara #ApreviewDaywithOris di gerai Time Concept, Jakarta, Kamis (21/7). Time Concept merupakan distributor eksklusif Oris di Indonesia.

Ia menjelaskan, kisah pembuat jam tangan Oris dimulai pada tahun 1904. Saat itulah perusahaan didirikan, di sini di desa Hölstein yang indah di Lembah Waldenburg. Oris berada di barat laut Swiss. Dengan Visi jam tangan Oris adalah menggabungkan pengerjaan tangan dan pembuatan jam tangan industri untuk menghasilkan jam tangan berkualitas tinggi yang juga fokus terhadap sustainability untuk kota saat itu. Selama 75 tahun ke depan, Oris akan menciptakan hampir 300 jam tangan automatic, mendorong batas tanpa pernah melupakan filosofi para pendiri Oris.

Dibutuhkan waktu kurang lebih lima tahun untuk menciptakan jam tangan Oris dengan caliber automatic seri 400. Hasilnya, setiap gerakan di Seri Kaliber 400 dirancang agar sesuai dengan kebutuhan gaya hidup warga dunia saat ini. Kaliber 400 adalah basis otomatis dengan 3 hands dan satu tanggal; Kaliber 401 menambahkan beberapa detik kecil pada sub dial ; dan Calibre 403 menghidupkan kembali kombinasi komplikasi khas Oris, yaitu dengan penggabungan pada subdial detik kecil dan tanggal penunjuk.

Pada kesempatan sama, Kasih Ramadhania selaku Head of Brand Activation Time Concept mengatakan, sesuai dengan visi dari Oris yang fokus kepada sustainability lingkungan, Time Concept sebagai exclusive distributor Oris di Indonesia, mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan melalui event yang bertajuk ECO Friendly. Dalam kegiatan yang juga dilakukan untuk memperingati Hari Anak Nasional itu, Time Concept bekerja sama dengan Bambukeund mengadakan workshop pada 7 Juli 2022 bersama anak-anak melakukan kegiatan kreativitas ECO Printing. Anak-anak diajak menghias tote bag dengan pewarna alami seperti bunga dan dedaunan menggunakan teknik pounding.

“Kenapa dipilih peringatan Hari Anak Nasional? Karena Oris Indonesia bersama dengan Time Concept memiliki visi ingin mengenalkan dan menumbuhkan rasa tanggung jawab kepada anak-anak untuk memahami sustainability lingkungan dengan melakukan kegiatan dengan concern pada kelestarian lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga mengasah kreativitas dan memperkenalkan pewarna ramah lingkungan kepada semua peserta,” ujar Kasih Rama.

Nouval menambahkan, sama halnya dengan Oris yang sedang gencar memperkenalkan seri terbarunya, yaitu Oris New York Harbor Limited Edition  yang terinspirasi dari warna kerang tiram yang hampir punah pada perairan New York Harbor, Oris Indonesia juga gencar memperkenalkan material yang ramah lingkungan kepada generasi muda. “Besar harapan kami kepada generasi muda untuk dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian alam,” kata Nouval. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT