14 July 2022, 18:29 WIB

Hujan Deras Picu Longsor dan Banjir Di Banyumas Dan Kebumen


Lilik Darmawan | Humaniora

Medcom
 Medcom
Ilustrasi 

HUJAN deras yang mengguyur sejumlah wilayah mengakibatkan longsor dan banjir di beberapa tempat. Bencana longsor terjadi di Banyumas,  sedangkan banjir melanda Kebumen, Jawa Tengah (Jateng).

Di Banyumas, peristiwa longsor terjadi pada Rabu (13/7) tengah malam di Dusun Karanggondang, Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok. Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan longsor dipicu  turunnya hujan dengan intensitas yang tinggi serta kondisi tanah yang labil.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Saat sekarang bersama dengan warga, tengah menyingkirkan longsoran. Sehingga nantinya jalan bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat," kata Budi, Kamis (14/7).

Sementara dari Kebumen dilaporkan, banjir melanda beberapa jalan titik Kota Kebumen dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah setempat. Hujan yang dimulai pada Rabu pukul 18.00 WIB hingga tengah malam. Untuk mengatasi banjir ini, pemerintah daerah langsung melakukan penanganan cepat dengan terjun ke lokasi.

"Banjir di Kebumen ini karena intensitas hujan yang tinggi, tadi sudah sempat surut, tapi dari pantauan di lapangan hujan belum juga berhenti tapi dengan itensitas yang lebih rendah dari sebelumnya," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Haryono Wahyudi.

Selain curah hujan tinggi, Haryono menyebut banjir juga disebabkan adanya penyumbatan di dalam drainase dan pintu air di sekitar  Kantor Pegadaian, Kebumen. Pemerintah akan mengerakan alat berat yang akan digunakan untuk pembuatan atau pelebaran drainase, sehingga diharapkan wilayah kota Kebumen tidak lagi terkena banjir.

Kepala BPBD Kebumen Munadi menambahkan, dalam laporannya ia menyebut titik banjir di Kota Kebumen ada Perempatan Tugu Lawet, Jl. Soekarno Hatta, Jl. Hasim Asyari ke timur sampai Taman Kota,  Jl. Kaswari sebelah timur, Jl. Kusuma, Jl Sutoyo ke timur sampai utara pasar. Jl Pemuda, Jl. Suprapto, dan Jl. Merdeka depan DPRD. Ketinggian banjir antara 10-30 cm. (OL-15)

BERITA TERKAIT