09 July 2022, 20:35 WIB

Liburan Panjang, Hunian Hotel di Cipanas-Puncak Naik 65 Persen


Widhoroso | Humaniora

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

PERHIMPUNAN Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Jawa Barat, mencatat tingkat hunian hotel di kawasan Cipanas-Puncak mengalami peningkatan sebesar 65 persen saat libur sekolah dan Hari Raya Idul Adha 2022.

Ketua PHRI Cianjur Nano Indrapraja mengatakan okupansi hotel di Cianjur, sudah mengalami kenaikan sejak beberapa bulan terakhir terutama setelah Hari Raya Idul Fitri, hingga Hari Raya Idul Adha seiring landainya kasus Covid-19 di sejumlah wilayah.

"Sejak libur sekolah hingga satu hari menjelang Idul Adha, angka kunjungan meningkat hingga 65 persen dan diperkirakan akan terus meningkat. Hingga dua hari ke depan, tercatat 1.015 kamar anggota PHRI
Cianjur sudah terisi hingga Sabtu petang. Rata-rata lama menginap dua hingga tiga hari. Wisatawan didominasi dari Jabodetabek," katanya, Sabtu (9/7).

Sedangkan saat hari kerja, angka hunian juga mengalami peningkatan karena seiring libur panjang sekolah. Angka kunjungan mengalami kenaikan hingga 30 persen dibandingkan bulan sebelumnya. "Untuk hari kerja, tingkat hunian bisa mencapai 50 sampai 60 kamar di masing-masing hotel," katanya.

Meski didominasi wisatawan domestik, tutur dia, wisatawan mancanegara sudah mulai terlihat menginap di sejumlah hotel berbintang di kawasan Puncak-Cipanas namun jumlahnya masih rendah. Wisatawan mancanegara umumnya berasal dari Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Yaman, dan Qatar. (Ant/OL-15)

BERITA TERKAIT