01 July 2022, 22:05 WIB

BKKBN Matangkan Persiapan Puncak Hari Keluarga Nasional XXIX


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

Instagram BKKBN
 Instagram BKKBN
Ilustrasi

PUNCAK perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke 29 di Kota Medan, Sumatra Utara yang digelar pada 7 Juli 2022 tinggal menghitung hari.

Sejumlah persiapan pun terus dikebut pengerjaannya oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama pemerintah daerah setempat.

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Nopian Andusti mengatakan, pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Sumatra Utara dan Pemerintah Kota Medan telah melakukan rapat finalisasi persiapan Harganas 2022.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Nopian mengatakan seluruh persiapan rangkaian acara telah rampung dan tinggal menunggu hasil akhir.

"Persiapan Harganas Ke 29 Tahun 2022 yang akan kita pusatkan di Kota Medan, dari sisi persiapan pihak kita sudah 95 persen. Namun khusus untuk rangkaian acara final yang memutuskan adalah protokol Istana," kata Nopian dalam keterangannya Jumat (1/7).

Nopian menjelaskan, berdasarkan rapat akhir tersebut Presiden Joko Widodo masih teragendakan untuk hadir secara langsung di Kota Medan. Nantinya Presiden akan mengunjungi beberapa tempat dan berdialog dengan masyarakat sekitar.

Selain Presiden Jokowi, Harganas 2022 juga akan dihadiri oleh sejumlah Menteri dan Kepala Lembaga negara serta seluruh ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten/Kota se Sumatra.

"Untuk kesiapan yang lain rangkaian kegiatan sudah oke semua. Kemudian yang lainnya saya rasa gak ada problem. Nanti kawan-kawan kementerian dan lembaga akan hadir dari Jakarta," ujarnya.

Berdasarkan rundown acara, Presiden Joko Widodo direncanakan akan mengunjungi dua tempat, yakni Kota Belawan dan Lapangan Merdeka Kota Medan yang menjadi lokasi puncak Harganas.

Setibanya di Kota Medan, Presiden terlebih dahulu akan mengunjungi Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Jalan Brigjen Katamso No.51 Kota Medan. Setelah itu mantan Gubernur DKI Jakarta ini langsung menuju lokasi yang menjadi Puncak Perayaan Harganas Ke 29 di Lapangan Merdeka.

Di lokasi ini, Presiden akan disambut dengan tarian lokal “Semarak Indonesiaku” dari Kampung KB binaan Dinas Kebudayaan Kota Medan, dilanjutkan dengan pemberian pakaian adat etnis Sumatra Utara kepada Presiden dan Ibu Negara oleh Walikota Medan Bobby Nasution.

Agenda selanjutnya, Presiden meletakkan batu pertama Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan. Di Lapangan Merdeka, tim penyelanggara Harganas telah mempersiapkan sejumlah stan pameran tentang inovasi Program Percepatan Penurunan Stunting.

Presiden diagendakan mengunjungi stan Bapak Asuh Anak Stunting Gotong Royong, stan Pembangunan Keluarga, stan Peran Generasi Remaja dalam Penurunan Stunting, stan Peran Pembangunan dan PKK Kota Medan, dan stan Program Pembangunan di Provinsi Sumatera Utara, serta stan Pelayanan Kesehatan dan Kesehatan Reproduksi.

Seusai Presiden mengunjungi sejumlah booth tersebut, Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.Og (K) akan memberikan laporan terkait pencapaian yang sudah diraih BKKBN.

Hasto juga akan menyerahkan penghargaan United Nation Population Award (UNPA) 2022 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang beberapa waktu lalu diraih BKKBN kepada Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya, Presiden akan memberikan arahan melalui sambutannya serta berdialog dengan masyarakat Medan dan pemerintah daerah secara luring dan daring.

Setelah rangkaian acara di Lapangan Merdeka selesai, pada hari yang sama Presiden akan berkunjung ke Kota Belawan.

Presiden juga akan meninjau Pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan menyerahkan bantuan sosial berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk anak stunting dan lanjut usia. Selain itu Jokowi juga akan memberikan alat bantu untuk kaum difabel.

Presiden juga akan meninjau Program Bedah Rumah Panggung sekaligus berdialog dengan masyarakat di Belawan.

Tema Harganas Ke 29 adalah  “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”. Ada empat kegiatan unggulan yang telah diusung BKKBN dalam acara tersebut, yakni Bapak Asuh Anak Stunting, Sepekan Elsimil, Semarak Kampung KB, dan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA).

Harganas Ke 29 juga menjadi ajang konsolidasi dan kooordinasi bagi tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten/Kota dan Provinsi. Nantinya kepala daerah berprestasi yang telah berhasil mengendalikan stunting di wilayahnya akan mendapat penghargaan dari BKKBN di acara puncak Harganas 2022.

Selain itu juga akan diberikan penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya dari Presiden serta Penghargaan Manggala Karya Kencana, Darma Karya Kencana dari Kepala BKKBN. (H-2)

BERITA TERKAIT