30 June 2022, 23:42 WIB

Kemenag Siapkan Layanan Pengaduan Haji Secara Daring 


mediaindonesia.com | Humaniora

MI/Susanto
 MI/Susanto
Lautan tenda jemaah haji di kawasan Mina, Mekkah, Arab Saudi.

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) menyediakan layanan pengaduan secara daring terkait kinerja dan kualitas pelayanan haji 1443 H/2022 M.

Dalam hal ini, untuk memastikan bahwa standar pelayanan minimum yang diberikan kepada jemaah haji berjalan dengan baik.

"Kami membuka diri terhadap kritik dan saran terkait kinerja petugas dan kualitas layanan. Kami mengundang jemaah untuk menyampaikan kritik, saran dan aduan melalui situs resmi," ujar Anggota Tim Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Petugas dan Layanan PPIH Arab Saudi Syaltout, Kamis (30/6).

Baca juga: Tim Kesehatan Haji Siap Hadapi Puncak Armuzna

Menurutnya, saluran aduan daring disiapkan untuk jemaah haji dan petugas. Pengguna tinggal mengakses link haji2022.kemenag.go.id. Kemudian, mengisi formulir jika ingin menyampaikan kritik, saran, aduan dan informasi lainnya.

Lebih lanjut, Syaltout mengatakan saluran ini juga bertujuan memantau keluhan yang disampaikan jemaah maupun petugas. Khususnya, atas kualitas layann dan kinerja pelayanan.

"Untuk meningkatkan layanan, Kemenag tidak antikritik. Silakan kritik secara objektif untuk perbaikan, agar bisa direspons cepat. Sistem pelaporan dilakukan secara online," imbuhnya.

Baca juga: Puluhan Jemaah Haji Mundur, Kemenag Gerak Cepat Cari Pengganti

Adapun saran dan masukan dari jemaah berikut petugas akan ditampilkan dalam sebuah dashboard khusus yang dipantau tim secara berkala. Nantinya, aduan yang masuk diverifikasi di lapangan dan ditindaklanjuti untuk bisa diselesaikan.

"Saat di Madinah, masuk dalam dashboard kami, aduan dari salah satu calon haji asal embarkasi Solo. Saat itu aduan terkait kamar jamaah atau akomodasi. Tim langsung melakukan verifikasi dan ternyata memang faktual," jelas dia.

Selain akomodasi dan bimbingan ibadah, aduan lainnya bisa juga terkait dengan kinerja petugas, kesehatan, konsumsi, transportasi dan akomodasi. Lokasinya mencakup layanan di asrama haji, bandara, Madinah, hingga Mekkah.(Ant/OL-11)

BERITA TERKAIT