27 June 2022, 21:13 WIB

Mengenal Pola Bilangan Serta Rumusnya


Pierre Lavender | Humaniora

dok: masterpendidikan.com
 dok: masterpendidikan.com
Pola Bilangan

POLA bilangan kerap dijumpai pada mata pelajaran matematika yang merupakan susunan dari beberapa angka dan dapat membentuk pola tertentu. Pun bisa diartikan sebagai suatu susunan bilangan yang memiliki bentuk teratur atau suatu bilangan yang tersusun dari beberapa bilangan lain yang membentuk suatu pola.

Pola bilangan memiliki berbagai macam dan rumusnya masing-masing. Berikut penjelasannya:
  

1. Pola bilangan asli 

Pola bilangan asli adalah suatu pola bilangan yang tersusun dari bilangan asli. Bilangan asli adalah susunan bilangan yang dimulai dari 1 sampai tak hingga dan memiliki pola bilangan yang ditambah dengan bilangan 1. Barisan bilangan asli: 1, 2, 3, 4, 5, … Sementara untuk rumus pola bilangan, yaitu: n , n = bilangan asli.

2. Pola bilangan ganjil 

Pola bilangan ganjil yaitu pola bilangan yang tersusun dari bilangan-bilangan ganjil. Bilangan ganjil memiliki pengertian bilangan yang tidak habis dibagi 2. Barisan bilangan ganjil: 1, 3, 5, 7, 9, … Rumus pola bilangan ganjil: 2n – 1, n = bilangan asli.

3. Pola bilangan genap 

Pola bilangan genap adalah suatu pola bilangan yang terbentuk dari bilangan genap. Bilangan genap memiliki arti sebuah bilangan yang habis dibagi 2. Barisan bilangan: 2, 4, 6, 8, 10, … Rumus pola bilangan genap: 2n, n = bilangan asli

4. Pola Bilangan Persegi

Pola bilangan persegi adalah susunan bilangan yang polanya seperti persegi, sehingga dibentuk oleh bilangan kuadrat. Rumus pola bilangan persegi yaitu Un = n2. Contoh susunan bilangannya adalah 1, 4, 9, 16, dan seterusnya.

5. Pola Bilangan Persegi Panjang

Hampir sama seperti sebelumnya, tapi rumusnya berbeda jauh. Kalau ini akan menghasilkan bentuk menyerupai bangun datar persegi panjang. Contoh susunan angkanya adalah 2, 6, 12, 20, dan seterusnya. 

6. Pola Bilangan Fibonacci

Pola ini diperoleh dari penjumlahan dua bilangan sebelumnya. Rumus pola bilangan ini adalah Un= Un-1 + Un-2. Contoh bilangannya adalah 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, dan seterusnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT