27 June 2022, 16:39 WIB

Anak Harus Mendengarkan Lagu Sesuai Usia


Mediaindonesia.com | Humaniora

Dok
 Dok
Para finalis kontes  Kita Cinta Lagu Anak (KILA) yang digelar di D'Mall Depok, Minggu (26/6/2022)

UNTUK mencari lagu anak di era sekarang ini sangatlah sulit. Maka Kemendikbudristek pun menggelar Kita Cinta Lagu Anak (KILA) yang diikuti oleh ratusan anak. Dan pada Minggu (26/6) lalu KILA memasuki babak final.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, dalam sambutan secara daring mengatakan, kontes KILA diharapkan bisa membangkitkan ekosistem musik anak Indonesia. Karena, dalam dua dekade terakhir, anak-anak seolah jauh dari musik yang seusianya.

"Ini janji dan upaya pemerintah menjangkau anak-anak dengan musik anak-anak," kata Hilmar Farid.

Koordinator Pokja Apresiasi dan Literasi Musik Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Edi Irawan menjelaskan  pihaknya telah menyosialisasikan kontes KILA sejak awal tahun di sejumlah daerah. Dari sosialiasi itu ada 400-an peserta yang mengikuti audisi hingga 30 Mei 2022.

Dari jumlah tersebut kemudian diseleksi hingga mengikuti babak final. Ada 50 peserta dari berbagai daerah yang lolos final yang digelar di D'Mall Depok, Sabtu (25/6). Mereka memperebutkan juara satu, dua dan tiga. Serta juara harapan satu, dua dan tiga.

"Dari 400-an itu terpilih 50 besar yang sekarang mengikuti babak final di D'Mall Depok," kata Edi.

baca juga: Sosialisasikan Lagu Anak, KILA Jangkau Daerah

Adapun 50 besar itu dibagi menjadi dua kategori. Yakni, 25 orang di kategori usia 5-7 tahun dan 25 orang di kategori usia 8-13 tahun.

Para peserta tidak hanya mengikuti babak final secara fisik di D'Mall Depok. Sebagiannya mengikuti melalui daring, terutama yang berada di luar kota. Dari babak final ini,  para dewan juri yang berjumlah tiga orang akan memutuskan para pemenangnya. Dan, pengumuman pemenang bisa dilihat di situs resmi KILA 30 Juni mendatang. (N-1)

 

BERITA TERKAIT